Myanmar Jadi Pembeli Pertama Pesawat Latih Tempur FTC-2000G China

China juga memiliki pesawat latih tempur yang cukup mumpuni yaitu FTC-2000G atau (JL-9) “Mountain Eagle” yang dibuat oleh Guizhou Aircraft Industry Corporation (GAIC). Pesawat ini cocok buat latihan pilot dalam menyongsong pesawat generasi 4G dan 5G.

Kali pertama diluncurkan pada 2018 Zhuhai Air Show dan tahun 2020, China sudah mengkonfirmasi telah mendapatkan pesanan pertama untuk pesawat inim

“Butuh waktu kurang dari dua tahun dari penerbangan perdana hingga penandatanganan pesanan ekspor pertama,” kata Sekretaris dan Ketua Komite Guifei GAIC, Wang Wenfei dalam sebuah konferensi media dengan wartawan lokal pada 16 April, seraya menambahkan “ini adalah sejarah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah pengembangan pesawat militer di industri penerbangan.”

Meskipun China merahasiakan negara pertama yang membelinya, namun beberapa bocoran nyebutin bahwa negara itu adalah Myanmar.

FTC-2000G adalah pesawat tempur multi-role hasil pengembangangan dari FTC-2000 dan salah satu pesawat tempur multirole termurah di pasar dengan tujuan untuk menggantikan pesawat tempur lama seperti J-7/F-7. Pesawat tersebut memiliki 7 hardpoint. Pesawat juga dilengkapi dengan diverterless supersonic inlet. FTC-2000G terbang perdana pada September 2018

Baca Juga:  Masjid Diserang BOM, Militer Mesir Balas Dengan Serangan Udara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan