Myanmar Siap Pulangkan Pengungsi Rohingya dari Bangladesh

Aung San Suu Kyi Pemimpin Sipil Myanmar. FOTO: KENICHIRO SEKI / POOL / AFP

Setelah mendapat banyak kritikan atas kegagalannya melakukan intervensi dalam tindakan militer terhadap orang Rohingya, Suu Kyi mengatakan bahwa Myanmar akan menarik kembali para pengungsi Rohingya untuk pulang, namun hanya bagi yang terverifikasi saja.

Myanmar telah mengusulkan untuk menarik kembali ratusan ribu orang Rohingya yang telah melarikan diri ke Bangladesh dalam beberapa pekan terakhir, Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Bangladesh H Mahmood Ali setelah melakukan pembicaraan dengan Wakil Senior Myanmar, Senin (2/10).

“Myanmar telah membuat sebuah proposal untuk mengambil kembali pengungsi Rohingya,” kata menteri tersebut kepada wartawan, dilansir AFP.

Namun pihak Myanmar tidak  memberikan waktu yang pasti untuk menarik kembali pengungsi Rohingya, dan apakah semua pengungsi akan dibawa atau tidak.

Dia menambahkan bahwa kedua negara telah sepakat untuk membentuk kelompok kerja gabungan untuk mengkoordinasikan pemulangan.Suu Kyi, yang telah sangat dikritik karena kegagalannya untuk mengekang tindakan keras militer, mengatakan bulan lalu bahwa Myanmar akan mengambil kembali pengungsi “yang telah diverifikasi”.


Ini akan dilakukan sesuai kriteria yang disepakati pada tahun 1993, ketika puluhan ribu orang Rohingya dipulangkan.


Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Senin malam oleh Kantor Penasihat Negara Myanmar, Menteri Kyaw Tint Swe mengulangi sumpah reparasi Suu Kyi.Berdasarkan kesepakatan tersebut, hampir seperempat juta orang dipulangkan dari Bangladesh ke Myanmar antara awal 1990an dan 2005. (AFP/Tribun)

Baca Juga:  Pesawat F-35 Lolos Dari Sergapan Rudal S-300 Rusia di Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan