Myanmar Terima Kapal Selam Kelas Kilo Bekas dari India

Myanmar telah menerima kapal selam kelas Kilo (Project 877EKM) bekas pakai Angkatan Laut India. Kapal selam yang pertama kali dimiliki Myanmar ini akan digunakan sebagai kapal latih tempur.

Myanmar tengah berambisi membangun kekuatan tempur bawah air menyaingi para tetangganya di ASEAN dan musuh bebuyutanya, Bangladesh. Myanmar telah berencana membeli kapal selam dari Rusia, yang kemungkinan juga merupakan kapal bekas

Kapal selam pertama AL Myanmar ini sebelumnya bernama INS Sindhuvir milik AL India.

INS Sindhuvir adalah salah satu dari 10 kapal selam kelas diesel-elektrik Kilo buatan Rusia yang dibeli untuk Angkatan Laut India. Kapal selam itu mulai beroperasi pada tahun 1988, diupgrade dengan project 08733 pada tahun 1999.

Pengadaan kapal selam bekas dari pemerintah India ini didasarkan pada perencanaan strategis Myanmar di Teluk Benggala. Pemerintah Tiongkok sebelumnya telah menawarkan kapal selam lama Type 035G “Ming” seperti yang dijual kepada Bangladesh, tetapi Myanmar menolak proyek ini.

Awak kapal selam Myanmar telah menyelesaikan pelatihan mereka di India dan telah membawa kapal selam itu ken Myanmar dalam beberapa hari terakhir.

AL Myanmar masih belum mengungkapkan nama untuk kapal selam mereka. Tetapi yang jelas kapal selam itu dipersiapkan memasuki kedinasan secara resmi pada upacara peringatan hari Angkatan Laut Myanmar pada 24 Desember mendatang, yang akan membuat Myanmar menjadi negara ke-5 di ASEAN yang mengoperasikan kapal selam.

Baca Juga:  India Akan Pamerkan Purwarupa Helikopter IMRH 12 Ton di Aero India 2017

Narasumber intelijen menyebutkan AL Myanmar akan memasang torpedo berat buatan India pada kapal selam Kilo dari India tersebut sebagai upaya untuk menghemat biaya.

Sumber : defseca.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan