Narco Sub, Kapal Penyelundup Narkoba Di Amerika.

Narco sub adalah sebutan yang digunakan untuk kapal-kapal yang dipakai untuk menyelundupkan narkotika ke wilayah Amerika Serikat (AS) di kawasan Pasifik Timur dan Laut Karibia.

Meskipun terdapat kata sub yang singkatan dari “submarine”, narco sub sebenernya tidak memiliki kemampuan menyelam secara total layaknya kapal selam. Hanya sedikit Narco Sub yang bisa menyelam itupun total menyelam hanya 1 meter aja dari permukaan.

Jenis Narco Sub yang paling lazim dicegat adalah LPV (low profile vessel), yaitu kapal dengan profil atas air yang sangat minim, menyelam separuhnya saja.

Berdasarkan fitur eksternalnya, LPV bisa dibagi menjadi empat:

-LPV-IM (low profile vessel, inboard motor) memiliki mesin yang diletakkan di bagian dalam. Merupakan konfigurasi tertua dari LPV modern, pertama kali terlihat di tahun 2005.

– LPV-OM-VSV (low profile vessel, outboard motors, very slender vessel hull). Memiliki wave-piercing bow yang panjang dan lancip. Panjang kapal biasanya mencapai 55 kaki dengan lebar 5 kaki. Kebanyakan VSV memiliki mesin yang diletakkan di luar.

-LPV-OM (low profile vessel, outboard motor) atau juga dikenal dengan nama hybrid go-fast. Hull kapal menggunakan desain speedboat, namun dengan profil di atas air yang rendah. Lebih murah dari LPV yang terdedikasi dan bisa lebih cepat, namun kurang senyap. Mesin diletakkan di luar. Sekilas mirip dengan kapal-kapal go-fast, konfigurasi ini mulai populer di tahun 2016.

Baca Juga:  Singapura Berkelit Soal Perjanjian Ekstradisi Dengan Indonesia

-LPV-IM-VSV (low profile vessel, inboard motor, very slender vessel). Low profile vessel dengan mesin internal yang menggunakan wave piercing bow. Sejauh ini hanya ada satu kapal yang dicegat dari konfigurasi ini, yaitu di bulan Januari 2019 oleh otoritas Kolombia. Nampak merupakan tipe LPV yang paling senyap, meskipun dengan kapasitas muatan yang berkurang.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan