Narco Sub Raksasa Kembali Ditemukan di Kolombia, Berukuran Terbesar Sejauh Ini

Tanggal 6 Agustus 2020, Angkatan Darat Kolombia selaku partner US SOUTCHOM dalam operasi anti-narkoba berhasil menemukan narco submarine raksasa di bagian anak Sungai Naya, wilayah Buenaventura. Narco submarine tersebut langsung dihancurkan begitu ditemukan.

Narco submarine raksasa tersebut memiliki panjang 100 kaki (30 meter) dan lebar 10 kaki (3 meter). Ukuran narco submarine raksasa ini mengalahkan narco submarine Trans-Atlantik yang diambil oleh Spanyol di Galicia pada tanggal 24 November 2019. Diperkirakan bahwa narco submarine ini memiliki kapasitas pembawaan kokain sebanyak 6-8 ton.

Narco submarine ini digolongkan oleh pakar pertahanan maritim H I Sutton sebagai tipe LPV-IM-VSV (Low-Profile Vessel, Inboard motor, Very Slender Vessel). Ukuran narco submarine yang besar ini mengimplikasikan bahwa narco sub tersebut memiliki jarak jangkau yang jauh. Dari tempat dibangunnya, kemungkinan besar narco sub ini dapat berlayar ke Meksiko dari Pasifik Timur.

Narco sub seperti ini menggunakan warna biru untuk menghindari deteksi jauh di Pasifik, tidak seperti narco sub berwarna hijau yang mengambil rute inshore. Apabila memiliki jarak yang jauh narco sub ini bisa saja berlayar langsung ke US, akan tetapi narco sub diketahui belum melakukan hal tersebut. Satu kemungkinannya adalah narco sub besar ini digunakan untuk berlayar jauh ke Pasifik, lalu bertemu dengan kapal penyelundup yang menuju ke Australia, New Zealand maupun Asia.

Baca Juga:  Sistem Pendidikan Nasionalisme Terbaik Ala Pondok Modern Gontor

Narco submarine raksasa ini jelas tidak mengikuti trend narco submarine umum. Ukuran narco submarine sebenarnya semakin kecil dengan muatan narkotika optimum sebesar ~1.6 ton. Masih menjadi spekulasi apakah kegunaan narco sub raksasa dan apakah ada narco sub raksasa lain yang keberadaannya belum diketahui. Narco submarine raksasa akan menjadi tantangan baru bagi militer maupun penegak hukum mancanegara kedepannya.

Sumber: FP Facebook Lighting II Chan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan