Naval Group Serahkan Korvet Gowind 2500 Pertama Angkatan Laut Mesir

Naval Group (sebelumnya bernama DCNS) pada hari Jumat 22 September 2017 menyerahkan korvet Gowind 2500 pertama ke Angkatan Laut Mesir. Upacara tersebut berlangsung di Lorient Perancis di hadiri Admiral Ahmed Khaled, panglima Angkatan Laut Mesir, Hervé Guillou, Presiden dan CEO Naval Group dan pejabat senior Angkatan Laut Perancis dan badan pengadaan persenjataan Prancis.

Diserahkan hanya 36 bulan setelah dipesan, korvet ENS El Fateh (971) akan melaut pada tanggal 23 September untuk berlayar ke pangkalannya di Mesir. Kapal ini adalah yang pertama dari empat unit yang dipesan oleh Angkatan Laut Mesir.

Tiga kapal korvet berikutnya akan dibangun secara lokal oleh sebuah galangan kapal di Alexandria Mesir dalam perjanjian transfer teknologi. Korvet Gowind 2500 terpilih setelah menyisihkan Meko A200 yang ditawarkan oleh grup perusahaan Jerman ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) dan korvet Sigma yang ditawarkan Damen dari Belanda. Mesir sedang dalam pembicaraan untuk membeli dua tambahan kapal korvet.

Korvet Gowind 2500 dilengkapi dengan kemajuan teknologi terkini, dikembangkan dan diimplementasikan oleh Naval Group untuk pertahanan laut. Kapal ini mengintegrasikan SETIS, sistem tempur generasi terbaru yang dikembangkan oleh Naval Group, “Panoramic Sensors and Intelligence Module (PSIM)”, sebuah modul terpadu yang menggabungkan tiang kapal (mast) terintegrasi dengan berbagai sensor dengan Control Room dan ruangan-ruangan teknis terkait dengan tingkat integrasi dan otomasi sistem yang user friendly.

Baca Juga:  Nigeria Ingin Pesan Kapal Perang Buatan PAL Indonesia

Spesifikasi Korvet Gowind 2500:
Displacement : 2.500 ton
Panjang : 102 m
Propulsi : CODAD (Combined diesel and diesel)
Kecepatan : 25 knot
Jangkauan : 3.700 mil laut
Endurance : 11 hari
Awak : 65 + 15 pasukan khusus
Sensor : Radar SMART-S MK2
Kingklip Sonar
Captas 2 Sonar
SETIS Combat System

Persenjataan : 1 x meriam OTO Melara 76 mm
2 x Meriam Nexter Narwhal 20 mm
16 x VLS untuk MICA VL
8x rudal anti kapal Exocet MM-40
2 x peluncur torpedo triple


Fasilitas penerbangan : helicopter pad dan hangar untuk 1 x helikopter kelas 5 ton atau 10 ton

Sumber : navyrecognition.comen.wikipedia.org (diterjemahkan dan diedit oleh TSM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan