Nekad Terbang Di Gedung MK, Drone Mahal Ditembak Jatuh

Sidang perselisihan pemilu presiden di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) makan korban, kali ini sebuah Drone DJI Inspire One ditembak jatuh oleh aparat keamanan karena terbang di area terlarang.

Aparat Keamanan dari TNI Polri sudah menetapkan bahwa area sekitar Gedung MK sebagai area steril dari berbagai aktifitas. Lha kok ada sebuah Drone terbang dengan dalih melakukan liputan.

Selain tanpa izin, penerbangan ini juga melanggar area larangan terbang drone di Ring 1 (Wilayah Monas dan Istana Negara) tanpa izin TNI AU. Walhasil langsung ditembak jammer elektromagnetik sampai jatuh tewas tak bisa hidup lagi.

Seperti dikutip dari akun twitter seorang Perwira TNI AU @kamto_adi pada 20 Juni 2019 pagi yang mencuitkan rangkaian kejadian tersebut.

https://twitter.com/kamto_adi/status/1141598297099915264?s=19

Disinyalir, drone DJI Inspire 1 ini mencoba mengambil gambar di seputaran gedung Mahkamah Konstitusi untuk keperluan liputan.

Sang pilot tidak mengindahkan prosedur penerbangan drone di seputar area Ring 1 (wilayah Monas dan Istana RI), dan menerbangkan drone tanpa izin NOTAM.

Naas tak bisa ditolak, maho sudah takdir, drone tersebut diturunkan paksa dengan jammer oleh petugas pengamanan,. Akibatnya bisa ditebak, drone itu jatuh keras serta rusak cukup parah.

Drone yang saat dilihat di toko online harganya puluhan juta Rupiah itu pun menjadi sampah plastik, yang sebenarnya bisa dicegah seandainya pilot dan peliput mengikuti prosedur penerbangan yang ada.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan