Ngaku Enggak Punya Uang, Israel Batalkan Pembelian Kapal Selam Dari Jerman

Dilansir dari Naval News (28/10/2019) Kepala Staff Angkatan Bersenjata Isreal Aviv Kohavi berencana untuk mengusulkan kepada cabinet untuk membatalkan rencana untuk membeli kapal selam keenam kelas Dolphin II dari Thyssen Krupp Jerman. Pembatalan ini lebih dikarenakan masalah keuangan yang saat ini melilit Israel

Menurut Aviv Kohavi pembatalan ini akan membuat Israel menghemat setengah milliar Euro, dana ini rencananya akan dialihkan untuk memperkuat pertahanan darat dan sistem pertahanan udara seperti Iron Dome serta memperoleh rudal presisi canggih/Precision Guided Missile (PGM) Spice 2000.

AL Israel saat ini mengoperasikan 3 kapal selam Kelas Dolphin I (INS Dolphin, INS Leviathan dan INS Tkuma) dan 2 kapal selam Kelas Dolphin II (INS Tanin dan INS Rahav). Kapal kelas Dolphin II ini dibuat berdasarkan basis kapal selam U212 yang dioperasikan AL Jerman

Kapal seberat 2.400 ton ini pun sudah dilengkapi dengan Air Independent Propulsion (AIP) yang membuat kapal selam mampu beroperasi lebih lama di dalam air. Untuk Sensor Dolphin II menggunakan Sonar CSU 90 hull mounted passive and active search sonar, PRS 3 Passive Ranging Sonar besutan keduanya besutan Atlas Elektronic serta FAS 3 Flank array sonar.

Terakhir untuk persenjataan Dolphin II class dilengkapi dengan 6 x 533 mm torpedo tube dan 4 x 650 mm torpedo tube. Tabung torpedo yang besar digunakan untuk meluncurkan ranjau laut, kendaraan selam untuk pasukan katak dan rudal jelajah Popeye yang berkemampuan nuklir.

Baca Juga:  Iran Perkenalkan Jet Latih Tempur Buatan Sendiri

Sumber: https://navalnews.net/israel-to-abort-the-plans-of-purchasing-the-6th-submarine/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan