Ngeri, Mesir Borong 500 Tank MBT T-90MS Dari Rusia Untuk Diduetkan Dengan Tank M1 Amerika

Mesir benar-benar serius membangun kekuatan militernya. Kekuatan militer negara ini pernah usang setelah perjanjian damai Camp David dengan Israel dan selama 30 tahun diperintah Presiden Husni Mubarak.

Dibawah pemerintah Al-Sisi Mesir menjadi salah satu pemborong senjata. Meskipun mereka menerima jutaan dollar insentif militer dari Amerika Serikat tapi mesir tidak pernah ragu membeli senjata dari Rusia.

Kali ini, negeri Firaun itu memborong 500 tank kelas berat T-90MS dengan perlindungan kubah aktif.

Kementerian Pertahanan dan Produksi Militer Mesir telah menyepakati perjanjian dengan perusahaan Rusia Uralvagonzavod (UVZ) dan agen ekspor senjata Rusia Rosoboronexport untuk membuat secara lisensi 500 tank tempur utama T-90MS.

500 tank itu akan menggantikan semua tank tua AD Mesir yang terdiri dari T-55/54 dan T-62.

Untuk produksi, Mesir juga akan diberikan lisensi untuk memproduksi sebagian dari 500 tank T90MS.

Perusahaan Uralvagonzavod akan membangun fasilitas pabrik untuk merakit tank-tank T-90MS di bawah lisensi di Mesir.

Selain Tank buatan Rusia, Mesir juga diperkuat tank buatan Amerika Serikat. Dalam rencananya, Angkatan Darat Mesir hanya akan mengoperasikan dua jenis tank di unit lapis baja masa depannya, yaitu Tank M1A1 Abrams buatan AS dan T-90ms buatan Rusia.

T-90MS adalah versi ekspor terbaru dari tank tempur utama T-90. Tank ini dilengkapi dengan mesin 1.130 hp, perangkat penglihatan penembak PNM Sosna-U, RWS UDP T05BV-1 dengan senapan mesin 7,62 mm, GLONASS, sistem navigasi inersial, explosive reactive armour (ERA) Relikt yang melindungi lebih banyak bagian tank, dan steering wheel baru. Turret bustle yang removable juga dipasang, yang menyediakan penyimpanan untuk delapan amunisi tambahan. 4 kamera video memberikan lingkup penglihatan 360° sekitar tank. T-90MS memiliki thermal imager yang ditingkatkan yang dapat mendeteksi tank pada jarak lebih dari 3300 meter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan