Ngintip Proses Pembuatan Tank Terminator Rusia

Tank Terminator berperan sebagai tank pendamping bagi tank kelas MBT Rusia. Tank ini berfungsi untuk melindungi dari serangan infanteri musuh atau serangan pesawat udara. Tentu saja lebih efektik dalam mendukung laju maju Tank MBT daripada hanya sekedar jeep humvee yang diberi meriam.

Awalnya tank ini dibangun dari platform Tank MBT T-90. Namun kemudian karena terlalu mahal, lalu dicomotkan dari sasis T-72 .

Karena hanya berfungsi sebagai pendukung, senjat utamanya hanya kubah kanon ganda 30mm serta dilengkapi rudal anti tank.

Dilansir Sputnik (15/3) tank ini diproduksi di pabrikan tank terbesar Rusia UVZ (Uralvagonzavod). Proses pembuatanya dirilis ke publik.


Pabrikan UVZ sendiri menurut koran Rossiyskaya Gazeta (14/3) ditugaskan untuk memproduksi 10 tank Terminator. Tank-tank ini sebagian nantinya akan dipamerkan dalam parade hari kemenangan 9 Mei di Lapangan Merah, Rusia.

Proses pembuatan tank Terminator sesungguhnya tidak berbeda dibandingkan pembuatan tank pada umumnya. Bagian hull dirakit dari lempengan pelat baja balistik yang dilas, kemudian mesin, transmisi, kelistrikan, dan sistem gerak dipasang, lalu menyusul kabin tempur, kubah, dan sistem persenjataannya.


AD Rusia sendiri sudah mengujicoba tank Terminator dalam medan perang di Suriah, sehingga Kementerian Pertahanan Rusia percaya dan mengeluarkan kontrak untuk pesanan gelombang pertama. Selain Rusia, Kazakhstan adalah negara pembeli dan pengguna Terminator.

Baca Juga:  Lockheed Martin Kenalkan Pesawat Latih T-50A

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan