Nyusul Rusia, Amerika Buka Bengkel Alutsista di Thailand

Setelah Rusia membuka bengkel helikopter di Thailand. Amerika Serikat bakal menyusul membuka bengkel alutsista di negara Gajah Putih itu.

Thailand sendiri sangat lihai dalam membangun politik diplomasi internasional. Mereka benar-benar bisa mandiri dari berbagai pengaruh negara-negara adidaya seperti Amerika, Rusia dan China.

Makanya bebas membeli alutsista dari negara mana aja beserta transfer teknologinya. Tanpa takut embargo, hebatnya lagi, Ekonomi Thailand ditopang oleh pertanian bukan minyak bumi.


Diberitakan Straits Times (3/1), AS ternyata berniat untuk mendirikan pusat perawatan alutsista di Thailand untuk menyediakan, merawat, dan memperbaiki alutsista AS yang dibeli oleh Thailand. Bangkok Post (3/1) memberitakan bahwa masalah ini sedang dibahas intensif antara AS-Thailand.

Pertemuan antara delegasi Thailand yang dipimpin oleh Jenderal Theppong Thippayachan bertemu dengan penasehat Pentagon untuk hubungan keamanan Asia-Pasifik David Helvey. Secara resmi pertemuan itu disebut merayakan hubungan AS-Thailand yang sudah terbina selama 184 tahun.


Amerika Serikat nampaknya kuatir bahwa Thailand semakin menjauhi orbitnya dan mesra dengan negara lain sehingga bengkel alutsista itu akan menjadi perekat bagi hubungan kedua negara. Thailand sendiri sudah lama tidak membeli alutsista dari Amerika Serikat. (Aryo Nugroho / UC News)

Baca Juga:  Malaysia Siap Gabung Turki Kembangkan Pesawat Generasi Ke-5

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan