Oyashio SS-511, Kapal Selam Pertama Jepang Setelah Perang Dunia Buatan Kawasaki

JDS Oyashio (SS-511), kapal selam militer pertama yang diproduksi oleh Jepang pasca Perang Dunia II. Kapal selam serang diesel-elektrik ini dibangun oleh Kawasaki Heavy Industries pada tahun 1957, diluncurkan pada tahun 1959 dan menjalani commissioning ke dalam JMSDF pada tahun 1960.

Sebelum Oyashio, JMSDF mengoperasikan kapal selam Gato-class pemberian dari US Navy yaitu JDS Kuroshio (SS-501). Kuroshio awalnya memiliki nama USS Mingo (SS-261), dan berpartisipasi dalam tujuh patroli tempur selama Perang Dunia II berlangsung.

Oyashio dirancang berdasarkan pengalaman Jepang membangun kapal selam paling modernnya selama Perang Dunia II yaitu Ha-201-class, dengan sejumlah penyempurnaan. Oyashio mampu mencapai kecepatan 13 knot di permukaan dan 19 knot di bawah air, dengan jarak jangkau 10,000 nm, serta dipersenjatai dengan empat tabung torpedo 533mm.

Setelah Oyashio, Jepang membangun sejumlah kelas kapal selam diesel elektrik lainnya seperti Hayashio-class (1960), Natsushio-class (1961), Oshio-class (1963), dan Asashio-class (1964). Awalnya Jepang masih memproduksi coastal submarine dengan desain hull tradisional, akan tetapi mulai bergerak ke ocean-going submarine sejak Oshio-class, dan pada akhirnya mengadopsi desain hull “teardrop” pada tahun 1968 (Uzushio-class).

Baca Juga:  Belajar Menghormati dan Melayani Veteran Dari Rakyat Amerika Serikat 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan