P6-ATAV Mobil Tempur Taksis Yang Dipakai Presiden Saat HUT TNI ke-72

Saat melakukan inspeksi pasukan dalam Upacara HUT TNI ke-72, Presiden Joko Widodo menaiki mobil buatan anak negeri. Ini adalah kali pertama sepanjang sejarah.

Mobil tersebut adalah P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan taktis ini dirakit oleh perusahaan swasta dalam negeri bernama PT Sentra Surya Ekajaya( PT SSE) yang bermarkas di Tangerang, Banten.

Lantas, apa spesialnya P6-ATAV sebagai kendaraan militer asli dalam negeri? P6-ATAV memiliki dimensi lebar dengan tidak menggunakan pintu untuk akses masuk dan ke luar kabin. Tampilan luarnya terlihat gagah dengan kombinasi rangka tubular dan bahan bodi yang dibuat khusus.

Rantis P6-ATAV memiliki dimensi panjang 4,6 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 1,5 meter. Bobotnya hanya sekira dua ton, sehingga membuatnya mudah untuk diangkut ke medan perang.

Memiliki DNA sebagai mobil milter, P6-ATAV memiliki bodi yang tahan untuk terjangan peluru. Untuk menyerang, mobil ini juga dilengkapi dengan dudukan senjata meliputi upper gun mounting dan side gun mounting.

Jantung penggeraknya berasal dari mesin turbo diesel empat silinder berkapasitas 2.300cc yang memiliki tenaga 142 horse power pada putaran mesin 3.400 RPM. Mesin dikombinasikan dengan transmisi otomatis, dan membuat mobil ini mampu meluncur dalam kecepatan maksimum 120 kilometer per jam.

Mobil militer ini juga dirancang untuk memiliki kemampuan untuk berjalan di trek nonaspal (off orad). P6-ATAV memiliki tangki bahan bakar dengan volume total 120 liter, saat terisi penuh, P6-ATAV mampu bergerak sejauh 500 km. Kini P6-ATAV dipakai sebagai salah satu andalan pasukan elite TNI AD Kopassus. Selain Kopassus, juga digunakan beberapa satuan TNI, seperti Detasemen Bravo (Satbravo 90) Paskhas TNI AU. (viva.co.id)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan