Paket Upgrade Tank MBT M60A3 Dari Leonardo

Produsen senjata Leonardo, telah selesai mengembangkan dan menguji paket upgrade besar untuk tank tempur utama (MBT) General Dynamics Land Systems M60A3.

Upgrade M60A3 ini dikembangkan dan diuji menggunakan dana internal perusahaan untuk pasar ekspor, menurut Massimo Gualco, direktur pemasaran dan penjualan pada Leonardo Defense Systems. Upgrade Leonardo mencakup armor, mobilitas, dan daya tembak M60A3, dan dipasarkan sebagai paket pemutakhiran yang hemat biaya.

MBT M60A3 memiliki hull dan turret dari cast dan welded armor dan pada frontal arc turret dipasang passive armor baru yang diketahui untuk memberikan perlindungan hingga STANAG 4569 Level 6.

Tingkat perlindungan balistik yang serupa juga diberikan pada frontal arc hull dan hingga roda ketiga di kedua sisi hull. Bar/slat armor dipasang di bagian belakang turret untuk memberikan perlindungan terhadap senjata anti-tank yang dilengkapi dengan hulu ledak anti-tank (HEAT) tunggal. Kompartemen awak dan mesin dipasangi sistem deteksi dan pemadaman kebakaran dan ledakan otomatis.


Solusi modular Leonardo mengintegrasikan meriam utama low recoil 120/45 mm, sama seperti yang digunakan pada kendaraan lapis baja Centauro II, dengan sistem kendali tembakan (fire-control system – FCS) dan sistem perlindungan generasi terbaru.

FCS yang ada digantikan dengan digital FCS Leonardo TURMS (Tank Universal Modular System), yang telah dipasang di beberapa kendaraan tempur lapis baja lainnya.

Baca Juga:  Rusia dan India Kembangkan Brahmos Untuk T-50 PAK-FA

FCS baru meliputi video tracker dan perangakat penglihatan yang distabilkan untuk penembak yang menampilkan kamera termal generasi ketiga Erica dan eye-safe laser rangefinder. Jika diperlukan, komandan tank juga dapat mengarahkan dan menembakkan persenjataan utama.

M60A3 asli memiliki electro-hydraulic gun control equipment (GCE) yang dapat digantikan oleh GCE full elektrik tetapi untuk mempertahankan harga yang lebih rendah, GCE yang ada tetap digunakan untuk M60A3 yang diupgrade.

Teknologi yang digunakan untuk modernisasi M60A3 tersebut (FCS, perangkat penglihatan inframerah dan meriam utama 120mm) sepenuhnya dirancang dan diproduksi oleh Leonardo, yang meningkatkan kinerja turret tank.


Penawaran Leonardo juga mencakup peningkatan mesin, dengan kemampuan peningkatan daya yang menjamin rasio power-to-weight yang lebih tinggi.

Sumber : janes.com, armyrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan