Pakistan Borong Helikopter Buatan Turki T-129 ATAK

Pakistan dan Turki telah menandatangani perjanjian untuk penjualan 30 unit helikopter T129 ATAK Turki ke Islamabad.

Menteri Muda Industri Pertahanan Turki (SSM) Dr. İsmail Demir awal bulan ini telah mengatakan kepada saluran berita TRT Haber milik Turki bahwa Ankara sedang mengantisipasi penjualan helikopter serang T129 ATAK buatan Turkish Aerospace Industries (TAI) ke Pakistan.

Penandatanganan kesepakatan itu diumumkan dalam manifesto pemilu partai berkuasa Adalet ve Kalkınma Partisi (AK Parti), menurut laporan Anadolu Agency pada hari Kamis (24/05).

Dalam wawancara bulan November 2017 lalu dengan Anadolu Agency, Menteri Produksi Pertahanan Pakistan Rana Tanveer Hussain mengatakan negaranya berencana untuk membeli 30 helikopter serang dan empat kapal perang dari Turki.


Hussain mengungkapkan bahwa Pakistan tertarik dengan helikopter T129 ATAK, yang dikembangkan oleh TAI dan AgustaWestland yang berbasis di Italia.

Helikopter tempur itu telah masuk dalam inventaris Angkatan Bersenjata Turki pada tahun 2014.


Diketahui Angkatan Darat Pakistan memiliki 48 helikopter serang AH-1F Cobra yang sudah cukup berumur dan 4 helikopter Mi-35M baru yang diterima tahun 2018. Pakistan juga memesan 12 helikopter serang AH-1Z Viper ditahun 2015. Beberapa diantaranya sudah diterima Pakistan pada tahun 2017.

Sumber : defenseworld.net, en.wikipedia.org, TSM by Angga Saja

Baca Juga:  KSAU AS Marsekal David L. Goldfein Jajal Jet Tempur Tejas Buatan India

1 Trackback / Pingback

  1. Kisah Pasukan Komando AS Melawan 500 Orang Tentara Bayaran Rusia di Suriah – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan