Pakistan Borong Ratusan Meriam Howitzer 155mm Buatan China

Menurut berita yang dirilis di situs web News Nation pada 24 Desember 2019, Pakistan akan membeli 236 howitzer swa-gerak beroda ban 6×6 SH-15 155 mm dari China.

Selama bertahun-tahun, angkatan bersenjata Pakistan sedang dalam proses untuk memperkuat kemampuan artilerinya, terutama dengan solusi artileri baru yang lebih mobile. Menurut Database Transfer SIPRI Arms, Pakistan telah membeli 36 howitzer swa gerak SH1 155mm dari China pada 2013-2014.

Pada bulan November 2018, selama Pameran Pertahanan Internasional IDEAS di Karachi, Perusahaan Tiongkok NORINCO China North Industries Group Corporation Limited telah memperkenalkan generasi terbaru howitzer swa-gerak beroda ban 155mm bernama SH15. Kendaraan artileri baru ini diluncurkan pada AirShow China pada November 2018.

Saat ini, Angkatan Darat Pakistan mengoperasikan M109A5, howitzer swa-gerak beroda rantai yang diproduksi oleh Amerika Serikat tetapi Pakistan akan melanjutkan modernisasi pasukan artileri dengan sistem artileri roda ban yang baru. Bagi Angkatan Darat Pakistan, yang ideal mungkin adalah senjata yang lebih ringan, yang bisa dibawa oleh helikopter angkutnya menggunakan sling eksternal.

SH15 adalah howitzer swa-gerak beroda ban buatan China baru yang didasarkan pada sasis truk Shaanxi 6×6 dengan kabin berlapis baja di bagian depan dan satu meriam howitzer 155 mm yang dipasang di bagian belakang truk. Howitzer baru ini terlindungi dari tembakan senjata ringan dan serpihan artileri. Awak kabin memiliki dua jendela antipeluru besar di bagian depan dan ada dua pintu di setiap sisi.

Baca Juga:  Rudal ESSM Jepang Rusak Tak Bisa Beroperasi

SH15 memiliki jarak tembak maksimum 20 km dengan amunisi standar dan 53 km dengan proyektil artileri berpendorong roket. Kendaraan artileri ini dapat dioperasikan oleh lima awak. Menurut beberapa narasumber militer, kendaraan akan memiliki berat maksimum 22 ton.

SUmber : armyrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan