Pakistan China Sukses Uji Coba Pesawat JF-17 Kursi Ganda

Pesawat Joint Fighter China dan Pakistan JF-17 dengan kursi ganda (JF-17B) sukses menjalani uji terbang perdana. JF-17B mulai dikembangkan sejak April 2016, Pakistan sendiri berharap pesawat ini siap dipakai tahun ini.

Jurnalis aviasi Alan Warners (AirForces Monthly) melaporkan bahwa ada 3 unit pesawar JF-17B yang telah siap dipakai, 2 untuk Angkatan Udara Pakistan dan 1 China.

Selain penambahan kursi kedua, pesawat JF-17B juga mengalami modifikasi pada bagian punggung untuk tangki BBM tambahan. Stabilizer vertikal juga mendapat modifikasi. Sedangkan bagian ekor juga mendapar tiga ubahan untuk mengadopsi sistem fly by wire terbaru.


Bagian moncong tampak membesar untuk mengadopsi sistem.radar active electronically-scanned array (AESA) terbaru. Radar AESA juga akan menjadinstandar baru bagi JF-17 block III.

JF-17B dengan kursi ganda berhasil terbang perdana. Foto: weibo
JF-17B dikembangkan untuk mememuhi kebutuhan pesawat latih tempur bagi Pakistan dan China. Beberapa negara juga telah menyatakan minat untuk membeli varian latih tempur ini.

Kedua negara juga telah menyiapkan tambahan senjata elektronik Jamming Pods untuk meningkatkan kemampuan serang dalam meladeni ancaman perang elektronika.

Saat ini Pakistan memiliki 70unit lebih pesawat JF-17 sejak kali pertama diproduksi bersama China. AU Pakistan juga telah memesan mendapat 50 unit pesawat terbaru JF-17 block III pada 2017. Pakistan dam China juga telah mendapat pesanan order dari Nigeria dan Myanmar.


Desain artis JF-17 block III

Sumber: quwa.org

Baca Juga:  Pesawat Militer CN-235 Milik Turki Jatuh

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan