Pakistan Ingin Beli 30 Helikopter Serang Buatan Turki

Turki dan Pakistan dikabarkan sedang dalam pembicaraan akhir untuk akuisisi 30 unit helikopter T129.

Helikopter T129 buatan Turki memiliki kualifikasi Advanced Attack and Tactical Reconnaissance Helicopter (ATAK) heli ini disebut punya kemampuan sebanding dengan Helikopter Apache Amerika Serikat dengan harga lebih murah.

Helikopter ini dikembang bersaman antara Turkish Aerospace Industries (TAI) bekerja sama dengan Augusta Westland. Dikembangkan dari helikopter Augusta A129 Mangusta.

Turki menyematkan ejumlah pembaruan. Antara lain menyangkut avionik, sistem penglihatan dan persenjataan, rangka, dan rotor ekor. Saat ini heli ATAK telah mengantongi total 12.000 jam terbang

Pertama kali dikenalkan pada tahun 2009. Sampai saat ini Tukir sudah mengoperasionalkan 26 Unit dari total pesanan 59.

Jika deal, Pakistan akan menjadinnegara kedua yang mengoperasikan helikopter serang ini. Delegasi Pakistan sendiri dikabarkan telah datang ke Turki untuk menguji heli ATAK dan mereka menyatakan cocok dengan performa heli ATAK.


Pada Oktober 2017 Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi mengunjungi Turki dan mencoba joy flight dengan T129. Abbasi menunjukkan ketertarikannya dan berkeinginan membeli heli itu untuk Angkatan Bersenjata Pakistan.

Tak kalah agresif pihak Turki pun jemput bola dengan mengirim tiga heli ATAK milik AD Turki ke Pakistan untuk ikut ambi bagian dalam parade Hari Nasional negeri itu di Islamabad (23/3).

Disebutkan dalam pemberitaan, Turki dan Pakistan segera menandatangani kontrak jual beli helikopter senilai 1,5 miliar dolar AS.

Baca Juga:  AU Jepang Terima Pesawat F-35A Pertama, Mitsubishi Siap Produksi Yang Versi Jepang

Meski demikian, masih ada dua hal yang masih “mengganjal” rencana tersebut. Pertama, Turki masih harus mendapatkan izin dari Amerika Serikat dan Inggris terkait mesin LHTEC T800 yang digunakan heli ATAK. Mesin itu dibuat oleh perusahaan kongsi Honeywell dan Rolls-Rocye. Kedua, Pakistan butuh kesediaan bank Turki untuk menalangi kredit pembelian ATAK.


T129 ATAK merupakan heli generasi baru. Heli berkapasitas dua tempat duduk tandem dan bermesin ganda ini didesain sebagai heli penyerang dan pengintai.

Heli ATAK Januari lalu disertakan dalam Operation Olive Branch di Suriah dan mendapatkan apresiasi atas kiprahnya tersebut. (TSM/Angkasa Review)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan