Pakistan Kembali Nego Pembelian F-16 Yang Macet Dengan Presiden AS Yang Baru

Duta Besar Pakistan untuk Amerika Serikat, Jalil Abbas Jilani, telah menyarankan kepada pemerintahan Donald Trump untuk kembali mempertimbangkan dan meninjau kembali penjualan pesawat tempur F-16 Pakistan dan juga menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bantuan militer Coalition Support Fund (CSF).

“Kerjasama antara Pakistan dan AS dalam memerangi terorisme akan lebih diperkuat dengan meninjau kembali penjualan F-16 dan masalah CSF,” kata Jilani kepada media cetak dan media elektronik AS di Kedutaan Besar Pakistan di Washington. Pakistan berharap untuk bekerja sama lebih erat dengan Pemerintahan AS baru bersama Presiden terpilih Donald Trump.

Pada April tahun lalu, parlemen AS menahan subsidi pembelian delapan pesawat tempur F-16 oleh Pakistan setelah menuduh Islamabad tidak melakukan tindakan yang cukup keras terhadap para militan.


Pakistan memiliki jumlah armada pesawat tempur F-16 yang cukup besar, namun sebagian besar diantaranya sudah berusia cukup tua. Ada sekitar 80 unit yang terdiri dari varian F-16 A /B, 13 F-16 OCU Block 15 bekas ADF yang baru di datangkan pada tahun 2010-an, juga 18 varian tercanggih F-16 C Block 52+.


sumber: cnn

Baca Juga:  David Sling, Sistem Pertahanan Udara Terbaru Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan