Pakistan Pesan 4 Kapal Perang Korvet dari Turki

Hubungan Turki-Pakistan bakal lebih mesra lagi. Setelah memesan 30 helikopter serang ATAK dan Kapal Selam. Pakistan kembali menunjuk Turki untuk memproduksi kapal perang kelas Korvet.

Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli pada Kamis 05/07/2018 dalam kunjunganya ke Montenegro.

Pihak berwenang dari Ankara dan Islamabad dijawalkan akan melakukan upacara seremoni untuk menandatangani perjanjian di Rawalpindi, Pakistan, yang dihadiri oleh pejabat-pejabat berwenang dari kedua negara termasuk Kepala Badan Militer dan Manajemen Galangan Kapal (ASFAT) Turki.

Pakistan memang lihai dalam memilih partner di bidang pertahanan. Setelah hubunganya dengan Amerika Serikat yang terus memburuk dan sepertinya sudah bosan dijadikan boneka. Pakistan merapat ke China untuk membuat pesawat tempur. Lalu sekarang ke Turki untuk urusan helikopter dan kapal perang

Negosiasi kapal ini sendiri sudah dimulai pada tahun 2015 dan permintaan pembelian pertama dibuat pada tahun 2017, sedangkan negosiasi penjualan terakhir berlangsung selama 12 hari.


“Ini adalah proyek multi-miliar dolar dan sebagai Turki, kami mengemban proyek canggih internasional untuk pertama kalinya. Negosiasi telah berlangsung selama lebih dari enam bulan dan mereka setuju setelah periode yang sulit dan melelahkan, dan itu ditandatangani hari ini, “kata Canikli.

Diperolehnya tender ini penting untuk menunjukkan bahwa industri pertahanan Turki telah sangat maju, kata Canikli, mencatat bahwa Turki telah mengalahkan sejumlah negara kuat melalui tawaran yang sangat baik dari segi kualitas dan harga.

Baca Juga:  Rusia Ancam Serang Balik Jika AS Serang Damaskus

Rencananya, 2 kapal korvet akan dibuat di Turki dan 2 lainya akan dibuat di Shipyard Karachi, Pakistan. Dua korvet dijadwalkan akan bergabung dengan Angkatan Laut Pakistan pada tahun 2023 dan sisanya pada tahun 2024.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan