Pakistan Terima Helikopter Serbu Mi-35M dari Rusia

Pakistan telah menerima empat helikopter serbu Mil Mi-35M dari Rusia, Badan Promosi Ekspor Pertahanan Pakistan (Defence Export Promotion Organization – DEPO) mengkonfirmasi.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh pajabat DEPO, Brigadir Jenderal Waheed Mumtaz pada Forum Teknik Militer Internasional 2017 (ARMY 2017), yang berlangsung di Moskow antara 22-27 Agustus lalu.

Angkatan Darat Pakistan memesan empat Mi-35M dari Russian Helicopters pada bulan Agustus 2015 dengan kesepakatan senilai $ 153 juta, yang mencakup pelatihan, suku cadang dan peralatan pendukung darat. Helikopter Mi-35M diperkirakan akan menggantikan armada helikopter AH-1 Cobra AD Pakistan yang sudah menua yang dibeli dari AS.


Brigjen Mumtaz mengatakan kepada RIA Novosti bahwa awak pesawat Pakistan telah menyesuaikan diri dengan Mi-35. Namun, pada akhir program ini, Pakistan akan mengevaluasi usulan untuk mendapatkan senjata Rusia lainnya, apakah itu helikopter tambahan atau kendaraan lapis baja, pesawat dan kapal perang.

Ada laporan bahwa Pakistan tertarik untuk membeli tambahan Mi-35M (hingga 20 unit) di tahun-tahun mendatang. Pakistan juga melakukan negosiasi dengan Rostec untuk mendirikan pusat perawatan, perbaikan dan overhaul (maintenance, repair and overhaul – MRO) untuk sepenuhnya dapat mendukung helikopter Mi-17/171 dan Mi-35.

Pakistan terus mengembangkan kemampuan dukungan udara jarak dekatnya. Selain membeli helikopter Mi-35M, Pakistan juga tengah mengantri untuk menerima 15 helikopter AH-1Z Viper, yang penjualannya telah disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS pada bulan April 2015.

Baca Juga:  Tim Aerobatik Helikopter Berkuts AD Rusia Rayakan Hari Jadi ke-25 Tahun

Mi-35M adalah helikopter serang multi-role. Helikopter ini merupakan modernisasi komprehensif helikopter Mi-24V. Mi-35M dikembangkan oleh Mil Moscow Helicopter Plant dan telah diproduksi di Rostvertol sejak tahun 2005.

Mi-35M dilengkapi dengan navigasi terbaru dan suite avionik dengan display berwarna multifungsi, sistem pembidik yang mencakup thermal imager dan TV, pengukur jarak laser dan location finder.

Helikopter ini dilengkapi dengan mesin turboshaft Klimov VK-2500, bilah rotor utama fiberglass, kepala rotor utama dengan sambungan elastomer, swashplate baru dan rotor ekor berkonfigurasi X. Pesawat Mi-35M mempunyai stub wing yang pendek dan roda pendarat fixed.
Mi-35M dapat dipersenjatai rudal anti-tank (ATGM), roket berpandu laser dan gun pod. Selain membawa dua awak pesawat, Mi-35M juga bisa membawa delapan personel bersenjata di kabin pengangkutnya. Helikopter ini dapat mengangkut muatan sampai 1.500 kg secara internal dan 2.400 kg dengan sling eksternal.

Mi-35M menawarkan kemampuan terbang yang lebih baik dan dapat dioperasikan pada suhu tinggi dan di daerah pegunungan. Desain Mi-35M memiliki tingkat kebisingan rendah, ketahanan tempur lebih besar, dan dapat mengurangi beban kerja bagi staf pemeliharaan.


Mi-35M dioperasikan antara lain oleh Angkatan Bersenjata Rusia, Venezuela, Brasil dan Azerbaijan.

Sumber : defpost.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan