Pakistan Terima Lagi Pesawat Mata-mata Saab Erieye 2000 Dari Swedia

Angkatan Udara Pakistan(Pāk Fizāʾiyah) akan segera menerima pengiriman Pesawat Intai buatan Saab Swedia, 2000 ERIEYE Airborne Early Warning and Control (AEW & C)

Pesawat ini dikirim ke Pakistan dengan diterbangkan langsung dari Bandara Kota Linköping (Swedia) melalui transit Athena (Yunani) dan Riyadh (Arab Saudi).

Pesawat intai ini dilengkapi radar deteksi untuk peringatan dan kontrol dini udara, juga dapat digunakan untuk misi keamanan nasional, kontrol perbatasan, komando dan kontrol udara, koordinasi manajemen bencana dan untuk kontrol lalu lintas udara darurat.

Selain Pakistan, negara lain yang menggunakanya adalah Swedia, Yunani, Brasil, Meksiko, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Pakistan diketahui telah memesan 7 unit pesawat tipe ini. Pesanan pertama pada Juni 2006, nilai kontrak kemudian direvisi pada Mei 2007 karena krisis keuangan di negara tersebut.

Pesawat pertama dari empat diluncurkan pada April 2008 dan mulai beroperasi pada Oktober 2009. Pesawat kedua dikirim ke Pakistan pada April 2010 untuk memantau wilayah udara India. Pada 2017, Angkatan Udara Pakistan memesan tiga sistem Erieye tambahan dari Saab.

Pesawat peringatan dini dan kontrol udara Saab 2000 AEW & C adalah varian dari pesawat turboprop transportasi regional Saab 2000 yang dilengkapi dengan radar Saab Systems Erieye PS-890.

Saab Microwave Systems (sebelumnya Ericsson) adalah pembuat radar Erieye. Erieye adalah radar Doppler pulsa fase aktif yang beroperasi di pita 3.1GHz hingga 3.3GHz. Radar ini beroperasi mulai tiga menit setelah lepas landas dan selama terbang dan mampu mengawasi area seluas 500.000 km² di darat ataupun di laut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan