Pamer, Amerika Parkir Pesawat F-35 di Korsel

Amerika Serikat (AS) mengirim pesawat tempur F-35B ke Korea Selatan (Korsel). Pesawat ini dijadwalkan ikut dalam latihan militer tahunan bersama Korsel ditengah ketegangan dengan Korea Utara (Korut) yang terus meningkat.

“Ini adalah pertama kalinya kami mengoperasikan F-35B di Republik Korea,” ujar juru bicara Pentagon Jeff Davis seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (31/3/2017).

“kami berkomitmen untuk melindungi Republik Korea dan Jepang terhadap setiap agresi Korea Utara,” imbuhnya.

F-35 adalah pesawat tempur paling mahal dalam sejarah AS. Dalam operasionalnya, Pesawat tempur ini masih sering bermasalah. Namun, pejabat militer AS saat ini merasa optimis dengan kemampuan jet tersebut.


Sebelumnya, Korut mengancam Washington dan Seoul jika tetap nekat melakukan latihan militer bersama. Pyongyang melihat latihan militer bersama sebagai latihan untuk menginvasi mereka, bersamaan dengan target melengserkan kepemimpinan Korut terumata Kim Jong-un.

Korut mengancam akan melakukan serangan tanpa ampun jika kedaulatannya dilanggar, meski hanya sedikit. Jong-un juga mengatakan akan merubah AS menjadi abu hanya dengan satu peluru dalam sebuah serangan pendahuluan.


Menanggapi segala macam provokasi Korut, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson telah sangat tersirat mengatakan bahwa Washington akan menggunakan aksi militer terhadap provokasi Korut.

Baca Juga:  Kapal Induk China Latihan Militer di Pasifik Barat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan