Pamerkan Rudal S-300 Iran Klaim Siap Lindungi Negara-negara Islam

Iran dengan bangga menampilkan bagian-bagian dari sistem rudal pertahanan udara S-300 Rusia yang baru saja diakuisisi dalam sebuah parade militer hari Minggu. Dalam pawai ini, Presiden Hassan Rouhani menawarkan perlindungan militer kepada negara-negara Muslim dari terorisme dan Zionisme.

Pawai militer saban tahun ini untuk memperingati Hari Tentara Nasional Iran. Parade yang disiarkan stasiun televisi pemerintah tersebut menunjukkan truk-truk yang membawa rudal melaju melewati podium di mana Presiden Rouhani dan para petinggi militer berdiri.

Para tentara juga berbaris melewati podium. Sedangkan jet-jet tempur dan pesawat pembom ambil bagian di wilayah udara Teheran.

Rouhani menegaskan bahwa angkatan bersenjata negaranya bukan ancaman bagi negara-negara tetangga.

Dia justru mengimbau kepada pemimpin Suriah dan Irak untuk tak segan-segan minta bantuan militer Iran jika perlu. “Angkatan Darat Iran adalah Tentara Islam yang melindungi negara-negara Muslim dari terorisme dan Zionisme,” katanya.

“Jika Anda membutuhkan bantuan kami, kami akan membantu Anda,” katanya lagi, seperti dikutip media Iran, Fars News, semalam (29/4/2018).

Berbagai suku cadang S-300 juga dipajang militer Iran di dekat situs pemakaman Ayatollah Khomeini, sang pemimpin Revolusi Islam Iran, di selatan Teheran.

Sejumlah perwakilan militer asing yang memiliki kedutaan besar di Teheran juga menghadiri pawai tersebut.

Sekadar diketahui, pada awal April lalu Iran mulai menerima bagian pertama dari pengiriman S-300 Rusia. Pembelian sistem rudal canggih untuk melengkapi pertahanan udara Iran itu sempat diblokir Rusia sebelum Teheran menandatangani kesepakatan dengan kekuatan dunia soal pengekangan program nuklirnya. (sindonews)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan