Pangkalan Militer Diserang Domba Liar, Pejabat AS Protes

Kawanan domba 'serbu' pangkalan AS di Rumania (Foto: AFP/Daniel Mihailescu)

Pangkalan militer Amerika Serikat di Rumania kembali diributkan dengan serbuan domba-domba peternakan. Dilansir oleh AFP pada Rabu (17/1/2018) Sekitar 250 ekor domba dilaporkan ‘menyerbu’ area pangkalan militer AS di Rumania. Kawanan domba ini ‘menyerbu’ dengan memakan rumput di sekitar pangkalan militer AS.

Salah satu warga sekitar pangkalan dan pemilik Domba mengaku bahwa mereka dulunya sudah biasa menggembala dombanya di kawasan Deveselu, Rumania sebelum kedatangan AS pada akhir tahun 2013. Bleja menyebut, domba-dombanya ‘merumput tanpa masalah’.

Sementara itu, Wali Kota Stoenesti Alexandru Damian menyatakan bahwa tak ada yang bisa disalahkan ketika sekawanan domba mendekati pangkalan misil milik AS.


“Domba tidak seperti orang. Mereka tidak menghormati peraturan, mereka pergi ke daerah di mana sensor keamanan aktif, menyentuh pagar dan mematikan sistem alarm,” jelas Damian.


Kawasan tersebut kini sudah dibangun sistem pertahanan anti-rudal untuk mempertahankan anggota NATO melawan ancaman rudal balistik jarak pendek hingga menengah, terutama yang berasal dari Timur Tengah.

Pada tahun 2014, pejaat tinggi AS di Deveselu menyampaikan protes kepada otoritas Rumania bahwa domba yang mendekati sekitar 10 meter dari pagar sama saja merongrong syarat keamanan minimum. (AFP/Detik)

Baca Juga:  China Selalu Siap Menyerbu Taiwan Jika Menolak Bersatu

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan