Pangkalan TNI AL Di Natuna Segera Aktif Beroperasi

Pelabuhan Fasilitas labuh (Faslabuh) TNI AL di Selat Lampa Natuna segera dioperasikan. Pelabuhan ini menjadi kekuatan baru bagi TNI AL di wilayah perairan Natuna Utara.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno, S.E mengatakan, Faslabuh Selat Lampa memiliki fungsi utama untuk melayani semua unsur TNI AL.

Mulai Unusr prajurit, alutsista dan kapal -kapal besar yang beroperasi di perairan Natuna dan unsur laut lainnya akan diladeni di pelabuhan tersebut.


“Faslabuh ini akan dijadikan pangkalan aju bagi TNI AL, kapal-kapal besar yang akan beroperasi di Laut Natuna Utara akan digeser ke sini maupun alutsista ringan dan berat. Infrastruktur ini jadi kekuatan baru di Utara,” kata Laksma Ribut di Faslabuh saat tinjau Faslabuh Selat Lampa , Kamis (29/3) kemarin.

Diterangkannya, kawasan tersebut dilengkapi dengan berbagai bangunan seperti kantor, mushalla, barak prajurit, power house, bengkel perbaikan dan selain sebaginya sebagai perlengkapan untuk mendukung operasional.

“Pada 14 Maret lalu, kawasan Faslabuh yang dibangun ini sudah diserahterimakan kepada Kasal. Kemungkinan dalam waktu dekat diresmikan dan langsung dioperasikan,”
terangnya.

Laksma Ribut mengaku, dengan dioperasikannya pangakalan aku ini, kekuatan TNI AL secara otomatis ditambah untuk pertahanan laut di perairan Natuna Utara.


“Untuk di Natuna nanti juga akan ditambah KAL Bunguran. Begitu juga dengan personil yang akan ditugaskan di Kompi Komposit TNI AL,” tambahnya yang didampingi Danguspurlabar, Kolonel Laut (P) Irvansyah untuk meninjau sejumlah sarana TNI AL di Natuna.

Baca Juga:  Mayjen Eko Margiyono Danjen Kopassus Baru Gantikan Mayjen Madsuni

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan