Pangkalan Udara El Tari Kupang Akan Naik Jadi Tipe A

Pangkalan Udara El Tari Kupang masuk dalam rencana strategis TNI untuk untuk ditingkatkan tipenya menjadi pangkalan udara tipe A.

Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada wartawan di Lanud El Tari saat hendak meninggalkan Kupang menuju Australia untuk melakukan pertemuan High Level Commite (HLC) antara Indonesia dengan Australia, Rabu (25/7/2018) petang.

“(Pangkalan Udara) El Tari ke depan masih dalam renstra, masih Lanud tipe B, jadi pesawat hanya standbay saja,” ungkap Hadi yang merupakan lulusan Akaademi Angkatan Udara 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 1987 itu.


Saat ini, status pangkalan udara EL Tari masih berstatus tipe B sehingga belum menjadi pangkalan utama. Untuk Pangkalan Komando Operasi III Wilayah Timur, hingga saat ini baru dua Pangkalan Udara yang bertipe A yakni Lanud Biak dan Lanud Jayapura.


Panglima TNI beserta rombongan akan
menghadiri High Level Commite (HLC) antara Indonesia dan Australia hingga tanggal 27 Juli 2018 di Australia. Kegiatan HLC ini merupakan kegiatan tahunan antara Indonesia dengan Australia yang membahas berbagai bidang, dari bidang logistik, personel, hingga intelijen antara
kedua Negara.

Rombongan Panglima TNI yang menggunakan pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara A-7305 itu bertolak dari Lanud El Tari pada pukul 18.40 Wita menuju Australia.

Sumber: tribunnews.com

Baca Juga:  Panglima TNI Dampingi Menlu RI Hadiri Trilateral Meeting Penanggulangan Terorisme

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan