Pangkostrad: TNI Tidak Pernah Lupa Pahlawan Seroja di Timor Leste

TNI secara institusi tidak pernah melupakan prajurit-prajurit yang gugur dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Baucau dan Seroja Dili, Timor Leste.

“Kita tahu bahwa banyak prajurit terbaik TNI yang gugur di Timor Timur. Bahkan sampai sekarang banyak keluarga mereka yang tidak tahu dimana makamnya,” ujar Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi dalam keterangan tertulis Penerangan Kostrad, Kamis (21/9).

Hal tersebut dikatakan Pangkostrad saat mendampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berziarah ke makam para prajurit TNI yang telah gugur dalam menjalankan tugas negara ke TMP Seroja Baucau dan Seroja Dili, Timor Leste, yang saat ini telah menjadi bagian dari negara Timor Leste, Rabu (20/9).


Saat berziarah, Pangkostrad menyempatkan diri untuk berdoa dengan khusyuk di depan pusara para prajurit dan diikuti dengan menaburkan bunga.

Ada sekitar 317 prajurit TNI yang dimakamkan di TMP Baucau. Jelas Pangkostrad, mereka adalah prajurit-prajurit terbaik TNI yang gugur dalam melaksanakan tugas negara dan bangsa dengan rela mengorbankan jiwa dan raganya.


Bagi Pangkostrad, mendatangi atau berziarah ke makam prajurit akan mengingatkan kita tentang pengorbanan putra-putra terbaik bangsa. Mereka rela gugur demi menjaga keutuhan NKRI tanpa pamrih. Meneladani semangat para prajurit yang telah gugur akan menumbuhkan motivasi dan semangat untuk terus mengabdikan diri pada bangsa dan negara dengan ikhlas.

Baca Juga:  Lanud Roesmin Nurjadin Bakal Ditambah Satu Detasemen Penangkis Serangan Udara

Selain itu, menurut orang nomor satu di lingkungan Kostrad ini, mendatangi makam prajurit juga akan menumbuhkan kedekatan perasaan antara pimpinan dan anggota.

“Semoga arwah para pejuang TNI yang rela mengorbankan jiwa dan raganya diterima Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal ini menunjukan bahwa kami (prajurit TNI) selalu mengingat, menghormati dan menghargai jasa-jasa mereka,” ujar Pangkostrad.

sumber : rmol.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan