Panglima TNI Dianugerahi Bintang Kehormatan MSM dari Singapura

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima penganugerahan Bintang Kehormatan Meritorious Service Medal (MSM)/ Military dari Negara Singapura.

Penganugerahan ini secara langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Singapura YM Dr Ng Eng Hen mewakili Presiden Singapura di Kantor Menteri Pertahanan, Singapura, Kamis (8/2/2018).

Penganugerahan Bintang Kehormatan MSM kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto atas kontribusinya pada saat menjadi Kepala Staf TNI AU sejak Januari 2017 sampai dengan Januari 2018 yang memiliki peranan penting dalam mempererat hubungan antara TNI-AU dan Angkatan Udara Republik Singapura.

Pemberian bintang kehormatan tersebut, diberikan atas keberhasilan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memelihara persahabatan dan meningkatkan hubungan erat selama ini antara TNI AU dan Angkatan Udara Republik Singapura.

Hubungan tersebut diaplikasikan
dalam bentuk latihan bilateral kedua Angkatan Udara di antaranya latihan Camar Indopura dan Manyar Indopura, serta menyelenggarakan pertukaran informasi secara berkelanjutan di bidang intelijen, keselamatan penerbangan dan kerja.

Dalam penyelenggaran peringatan ke-50 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura, Angkatan Udara Republik Singapura telah sukses menyelenggarakan flypass gabungan antara pesawat Angkatan Udara Republik Singapura dan Indonesia pada saat pelantikan Presiden Singapura bulan September 2017.

Kegiatan flypass tersebut merupakan pelaksanaan terbesar yang pernah diadakan oleh Angkatan Bersenjata Republik Singapura dengan negara lain, ini adalah bukti kuat untuk interoperabilitas dan saling pengertian antara kedua Angkatan Udara.

Baca Juga:  Senapan SS2 V7 Subsonic Buatan PT Pindad Siap Diproduksi

Rangkaian kunjungan kehormatan Panglima TNI diawali dengan courtesy call kepada Panglima Angkatan Bersenjata Republik
Singapura Lieutenant General Perry Lim, PPA yang didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara Republik Singapura Major General Mervyn Tan Wey Ming. Selanjutnya Panglima TNI melakukan Kunjungan Kehormatan dengan Menhan Republik Singapura YM Dr Ng Eng di Kantor Menteri Pertahanan, Singapura.


Selanjutnya kegiatan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta rombongan melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Republik Singapura YM Lee-Hsien Loong di Istana Perdana Menteri Singapura dan dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Singapura HE Ngurah Swajaya.

Selanjutnya dilaksanakan jamuan makan siang oleh Pangab Republik Singapura Lieutenant General Perry Lim, PPA didampingi Kasau Republik Singapura Major General Mervyn Tan Wey Ming, Chief of Staff-Joint Staff Brigadier General Lim Tuan Liang dan Head of Joint Research Colonel Lam Pei Sien.


Sementara itu di sela-sela rangkaian kegiatan kunjungan, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menghadiri pameran kedirgantaraan Singapore Air Show 2018 yang digelar di Changi Exibition Center, Singapura.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan