Panglima TNI: Pembentukan Markas Komando Pasmar 3 Terus Berjalan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan sampai saat ini proses pembentukan dan pengorganisasian MarkasnKomando Pasmar 3 Korps Marinir yang berlokasi di Kabupaten Sorong, Papua Barat masih tahap proses. Proses itu terus berjalan untuk segera diajukan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pertahanan dan
Sekretaris Kabinet.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI di hadapan awak media usai dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir ke 37 TNI AL, bertempat di Pantai Nganteb, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (22/2).

“Pembentukan Markas Komando Pasmar 3
Korps Marinir TNI AL di Sorong, Papua Barat, tentunya akan kita dukung juga dengan dokumen-dokumen pendukung lainnya agar segera terealisasi,” ujar Panglima TNI seperti dalam keterangan resmi Puspen TNI.

Panglima TNI menuturkan bahwa rencana
pembangunan yang diperuntukan untuk
Pangkalan TNI di wilayah Indonesia timur tersebut, sudah masuk dalam Rencana Strategisn(Renstra) kedua TNI dalam rangka memenuhi Minimum Essential Force (MEF).

“Dalam Renstra kedua ini, TNI sedang dan terus mendorong untuk pembentukan Markas Komando Pasmar 3 Korps Marinir TNI AL yang akan ditempatkan di Sorong,” katanya.


Menurutnya, saat ini pembangunan infrastruktur sudah selesai, tinggal pengisian untuk personel- personel pengawak Pasmar 3.

“Disamping penambahan personel, juga akan dilengkapi dengan tambahan kelengkapan untuk satuan tersebut,” ucapnya.


“Semoga pembangunan tersebut dapat
terealiasi secepatnya, sehingga akan menambah kekuatan TNI dalam mengawal dan menjaga kedaulatan wilayah NKRI, khususnya di Provinsi Papua dan Papua Barat,” tutur Panglima TNI
menambahkan.

Baca Juga:  Kapal LPD dan Rumah Sakit, KRI Semarang Resmi Berdinas di Armada TNI AL

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI juga menyampaikan rasa bangga atas dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir TNI AL.

“Ada pesan moral yang harus saya lakukan, yang pertama adalah saya harus turut andil dalam pembangunan kekuatan Korps Marinir,” tutupnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan