Panser Anoa 2 Perkuat Kikav 8 Kostrad

Kompi Kavaleri 8 Kostrad merupakan Satuan dengan semangat baru yang siap melaksanakan tugas-tugas kedepan khususnya pada program tahun 2017. Saat ini satuan tersebut tengah berbangga hati karena Kompi Kavaleri 8 Kostrad mendapatkan tambahan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) baru buatan PT. Pindad, Selasa (31/1).

Alutsista yang baru tiba tersebut terdiri dari 3 unit kendaraan tempur (Ranpur) jenis Panser Anoa 2, yang merupakan produksi dalam negeri yaitu buatan PT. Pindad Indonesia.

Ketiga unit Ranpur ini memiliki Jenis dan fungsi yang berbeda-beda, antara lain Anoa 2 Commando yang digunakan sebagai kendaraan taktis komandan, Anoa 2 Ambulance yang dipakai untuk mengevakuasi korban di medan yang tidak memungkinkan, serta Anoa 2 Recovery yang digunakan untuk pemulihan kendaraan lain yang terperosok atau mengalami kendala lain.

Kendaraan tempur Anoa 2 ini merupakan hasil penyempurnaan dari Ranpur jenis sebelumnya yaitu Anoa. Bagian yang telah mendapatkan pengembangan ini meliputi system suspensi, sistem pengereman, sistem komunikasi dan persenjataan.


Pada kendaraan tempur Anoa 2 ini juga dilengkapi sistem pendeteksi kerusakan melalui monitor kontrol yang berada di ruang kemudi. Sistem ini sangat membantu pengemudi untuk mengetahui sejak dini ketika Ranpur ini mengalami kendala, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah.

“Dengan datangnya Alutsista baru ini berarti tugas dan tanggung jawab kita juga semakin bertambah. Ranpur ini sudah dilengkapi dengan sistem pengoperasionalannya yang modern, untuk itu seluruh prajurit dituntut lebih profesional dengan adanya Alutsista yang semakin canggih,” tegas Komandan Kompi Kapten Kav Solikin.

Baca Juga:  Galangan Kapal Selam PT PAL Segera Rampung

Kapten Solikin juga mengungkapkan, meskipun telah mendapat Alutsista baru, hal itu tidak semata-mata melupakan Alutsista yang lama seperti Saladin, Saracen dan Ferret. “Kikav 8 Kostrad tetap melaksanakan pemeliharaan dengan maksimal, baik pemeliharaan harian, mingguan maupun bulanan,” tuturnya. (Penkostrad).

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan