Parthian Shot, Teknik Memanah Sambil Berkuda Persia Kuno

Parthian shot adalah teknik memanah berkuda yang diterapkan horse archers dari kerajaan Parthia. Sebuah kerajaan yang berposisi di wilayah Iran modern dan berdiri pada era yang sama dengan kekaisaran Romawi.

Dengan teknik Parthian shot, penunggang kuda dapat membalikkan badan, memanah secara akurat sambil mengendarai kuda pada kecepatan penuh. Karena pengendara Parthia tidak menggunakan sanggurdi, kontrol dan kestabilan didasarkan pada kekuatan kaki.

Parthian shot berguna untuk meningkatkan frekuensi tembakan saat menyerang formasi infantri yang bergerak lambat atau menembaki kavaleri musuh yang mengejar. Lingkup tembakan hampir 360 derajat.

Keampuhan Parthian shot ditunjukkan pada pertempuran Carrhae saat 9000 horse archers Parthia yang didukung timbunan logistik munisi yang berlimpah, mengepung 7 legiun infantri Romawi (35.000 prajurit) dan 4000 prajurit kavaleri.

Panah Parthia bisa sedikit menembus perisai Romawi, sehingga banyak prajurit Romawi yang terluka meskipun menggunakan formasi testudo. Pengepungan terhadap pasukan Romawi berlangsung seharian, saat pimpinan pasukan Romawi, Crassus, tewas saat negosiasi; hampir semua prajurit Romawi terbunuh atau tertawan saat mundur.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan