Pasukan Proksi dan Koalisi Amerika Tangkap Otak Pembuat Bom ISIS di Suriah

Koalisi pimpinan Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mereka menangkap pembuat bom berpengalaman ISIS selama serangan 16 Juni di Suriah utara.

Serangan itu terjadi di desa al-Humayrah yang diduduki Turki di pedesaan utara Aleppo pada dini hari. Pasukan operasi khusus yang melakukan serangan itu bergerak ke desa dengan enam helikopter, setidaknya beberapa di antaranya dilaporkan dari Resimen Penerbangan Operasi Khusus ke-160 elit Angkatan Darat AS.

Serangan itu diluncurkan dari wilayah timur laut Suriah di mana koalisi pimpinan AS mempertahankan sejumlah pangkalan bekerja sama dengan proksinya, Syirian Democratic Force (SDF).

Pejabat AS mengidentifikasi target serangan ke The Washington Post sebagai Hani Ahmed al-Kurdi. Sumber tersebut mengatakan bahwa al-Kurdi dikenal sebagai “Wali” dari Raqqa Suriah. Wali adalah istilah tradisional Arab untuk gubernur.

Dalam sebuah pernyataan, koalisi pimpinan AS mengatakan bahwa tidak ada warga sipil yang terluka atau cedera pada pasukannya atau kerusakan pada pesawat atau asetnya selama serangan itu.

“Pasukan koalisi akan terus bekerja dengan mitra kami, SDF dan Pasukan Keamanan Irak, termasuk Peshmerga, untuk memburu sisa-sisa Daesh di mana pun mereka bersembunyi untuk memastikan kekalahan abadi Daesh [ISIS],” bunyi pernyataan itu.

Keputusan koalisi pimpinan AS untuk meluncurkan operasi udara yang kompleks untuk menangkap al-Kurdi, yang bersembunyi di desa yang diduduki Turki, bisa menjadi tanda kerja sama dan koordinasi yang buruk dalam masalah kontra-terorisme antara Washington dan Ankara.

Baca Juga:  Pasukan Reaksi Cepat NATO Dikerahkan Ke Rumania

Ini adalah kedua kalinya pasukan dari koalisi pimpinan AS bergerak di luar wilayah pengaruhnya di timur laut Suriah untuk melakukan serangan. Pertama kali pada 3 Februari, ketika pasukan besar AS menyerbu tempat persembunyian pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi di wilayah barat laut Suriah di Greater Idlib. Abu Ibrahim tewas dalam serangan itu. Ia digantikan oleh Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurashi pada bulan Maret. Mei lalu, laporan media menuduh bahwa Abu al-Hassan ditangkap oleh pasukan keamanan Turki di kota Istanbul. Namun, Turki belum mengkonfirmasi hal ini.

1 Trackback / Pingback

  1. Pangkalan AS di Suriah Dihujani Serangan BOM oleh Milisi Proksi Iran – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan