Pejabat Turki: Pemberontak Suriah Lari Terbirit-Birit Diserang ISIS di Albab

Para pasukan oposisi yang dibeking Turki dan Amerika, Free Syirian Army, lari terbirit-birit dari medan perang di Kota Albab saat pasukan Turki tengah berusaha menahan serangan ISIS pada 22 Desember, 2016. Demikian dilaporkan oleh media-media di Turki yang bersumber dari pejabat militer.

Menurut klaim Turki, hanya ada 40 pejuang FSA yang tetap bertahan dalam formasi bertahan seperti yang diinstruksikan oleh militer Turki. Saat itu ada 400 pejuang FSA yang masuk dalam rencana strategis militer Turki untuk mempertahankan kota Albab. Tapi ketika ISIS mulai menyerang, sebagian besar lari dari formasi dan hanya tersisa 40 orang saja, ini yang menyebabkan kekalahan besar di pihak Turki hingga 2 tank Leopard berhasil direbut ISIS.

Dalam pertempuran sengit tanggal 22 dan 23 Desember tersebut, Militer Turki dan FSA kehilangan 70 prajurit yang tewas, ini adalah kekalahan terbesar Turki sejak meluncurkan operasi Perisai Eufrat.


Kekalahan ini juga menimbulkan tanda tanya pada kemampuan militer Turki. Ini adalah kekalahan kedua mereka dari ISIS. Pada bulan September, formasi serang Tank M60 Turki juga hancur, 2 tank hancur dan 5 tank dilumpuhkan setelah disergap ISIS dan Pejuang Kurdi (YPG). 3 awak tank tewas, sedangkan 5 lainya luka berat.


Sejak meluncurkan Operasi Perisai Eufrat, formasi serangan tank militer Turki tampak sangat amburadul dan mudah dilumpuhkan, seperti prajurit murahan. (SouthFront.org)

Baca Juga:  Beli Sukhoi Su-35, Inggris Hargai Keputusan Indonesia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan