Pelatihan Radar Huges Hasil Pengadaan Kemhan TA 2017

Letkol Mar Helmi Ardiansyah (Paban Harpal Slog Kormar) mewakili Aslog Dankormar Kolonel Mar Budiarso, S.E., membuka upacara Pelatihan Radar Huges Kormar Hasil Pengadaan Kemhan
TA. 2017 bertempat di Aula Golf Range
Cilandak Jakarta Selatan, Senin (12/02/2018).

Pelatihan Radar Huges Kormar Hasil Pengadaan Kemhan TA.2017 diikuti oleh 20 personel terdiri dari Brigif-1Mar 4 personil, Brigif-2 Mar 4 personel, Brigif-3 Mar 4 personel, Menart-1 Mar 4 personel dan Menart-2 Mar 4 personel, kepelatihan ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 12 s.d 15 Februari 2018 dengan Ketua Pelaksana Danyonif-4 Mar Letkol Mar. Didik Iwan Supriyanto, S.E., M.Tr.Hanla.

Dalam sambutannya Aslog Dankormar yang dibacakan oleh Paban Harpal Slog Kormar menyampaikan bahwa pelatihan dan uji coba ini merupakan upaya yang dilakukan dalam proses transfer pengetahuan dan aplikasi cara pengunaan alat sebelum diserahkan kepada Korps Marinir untuk memberikan keyakinan kepada pimpinan Korps Marinir bahwa setelah mengikuti pelatihan ini calon pengawak mampu mengoperasikan alat ini dan mengetahui kemampuan dan batas kemampuan alat ini yang akan digunakan dalam menunjang tugas pokok satuannya.


“Radar Huges atau Ground Surveyland
Radar System (GSRS) ini merupakan tipe radar pengamatan permukaan/darat, yang memiliki kemampuan mendeteksi, mengetahui dan mengidentifikasi musuh yang bergerak berupa kendaraan maupun personel secara terus menerus dari arah 360 derajat dan dapat dibuat Zona Clearing Alarm yang dapat mendeteksi musuh yang masuk wilayah tertentu.

Baca Juga:  PTDI dan Turkish Aerospace Industries Kerjasama Pengembangan Pesawat


Radar ini terdiri dari 5 set mobile (dalam kendaraan) dan 5 set portable yang akan didistribusikan masing-masing 1 set (mobile maupun portable) ke Brigif-1 Mar, Brigif-2 Mar, Brigif-3 Mar, Menart-1 Mar dan Menart-2 Mar,”ucap Aslog Dankormar.

Sebelum mengakhiri sambutannya ada
beberapa hal yang patut dipedomani, pertama utamakan faktor keselamatan dan keamanan personel maupun material, kedua laksanakan pelatihan dan uji coba ini dengan serius, ketiga proses transfer pengetahuan dan aplikasi penggunaan radar ini agar dilaksanakan sebaik-baiknya.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan