Pemberontak Houthi Yaman Tembak Kapal Perang Milik UEA

Pemberontak Syiah Houthi Yaman menyatakan bahwa mereka telah mengkaramkan kapal laut milik Angkatan Laut Uni Emirat Arab (UEA) , dalam sebuah video yang dirilis yang merekam kapal tersebut sebelum dirudal dan saat dihantam rudal.

Militer UEA sendiri telah mengkonfirmasi pada hari Sabtu bahwa salah satu kapal perang mereka terlibat dalam sebuah “insiden” di dekat selat Babul Mandeb di Yaman, tetapi mengatakan bahwa dalam insiden itu tidak sampai ada korban jiwa.

“Rudal tersebut ditargetkan pada kapal perang Emirat saat berada di dekat pantai dari Mokha,” kata pejuang Houthi dalam sebuah pernyataan di website mereka. “Mereka benar-benar hancur.”

Sebuah video juga diposting di media sosial yang dimaksudkan untuk mengkonfirmasi serangan itu dan memang tampak ledakan yang sangat besar menghantam kapal.


pihak militer UEA sendiri mengeluarkan pernyataan yang belum memberi kepastian soal seberapa parah kerusakan kapal dalam serangan tersebut dan masih diinvestigasi.


Koalisi Arab yang dipimpin Saudi menggempur Yaman yang dikuasai oleh Pemberontak Syiah Houthi. Akibat agresi ini, Saudi dan sekutunya sempat dimasukkan PBB dalam daftar pelanggar HAM berat pembunuh anak-anak karena menghujani Yaman dengan bom.

Saudi dan koalisinya membalas, mereka mengancam akan menarik dana dari PBB jika Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon tak menghapus mereka dari daftar tersebut.

Serangan besar Houthi pada kapal milik UEA ini memberikan sinyal besar bahwa mereka memiliki senjata canggih dan mampu menggunakanya, sekaligus membenarkan tuduhan awal Saudi bahwa Kaum Houthi dengan senjata asal Iran adalah ancaman bagi stabilitas kawasan Teluk.

Baca Juga:  SAAB Tawarkan Swordfish Sebagai Pesawat Patroli Maritim AL Korsel

1 Trackback / Pingback

  1. Houthi Klaim Tembak Kapal Perang UEA di Teluk Yaman – HUBUNGAN INTERNASIONAL

Tinggalkan Balasan