Penampakan Panser Komodo Buatan Pindad Dengan Kubah Senjata

Penampakan Komodo APC 4×4 yang memakai kubah senjata ini merupakan CPWS 20-25mm besutan Cockerill. Alutsista besutan PT. Pindad ini akan dipamerkan pada gelaran Indo Defence 2018 di Gedung Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta yang akan dibuka mulai hari Rabu tanggal 7 November 2018.

Kendaraan taktis atau panser bernama Komodo difungsikan sebagai kendaraan taktis yang mampu menempuh segala medan berat baik itu jalan berlumpur, berpasir, serta bergunung-gunung. Hal itu ditunjang dengan kemampuan komodo yang dapat menerjang tanjakan 31 derajat dan kemiringan sisi 17 derajat. Komodo sendiri juga memiliki fungsi-fungsi yang lebih spesifik sesuai dengan varian kendaraan.


Dengan adanya kubah senjata ini, diharapkan meningkatkan proteksi dan saya deteren kendaraan ini sebagai alat hantar personel pasukan ke sasaran aksi.


Komodo yang menggunakan sistem penggerak ban 4×4 ini memiliki berat 4 ton. Komodo menggunakan mesin diesel turbo intercooler dengan power kendaraan 215 ps @ 2500 rpm sehingga tercapai rasio berat terhadap kendaraan 25 hp/ton. Mesin komodo sendiri memiliki kapasitas 5.193 cc. Transmisi yang digunakan adalah transmisi manual dengan 6 maju 1 mundur dan memiliki diferential lock sehingga memiliki kemampuan offroad yang baik. Kendaraan perang ini juga telah dilengkapi dengan body dan kaca anti peluru. Pindad mengklaim daya tahannya bisa sampai dengan peluru berukuran 7.62 mm.

Baca Juga:  Pola Penyaluran Logistik ke Pos Terpencil TNI Akan Dievaluasi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan