Penampakan Tank Medium Buatan Singapura

Majalah Military Technology terbitan Monch Publishing menampilkan Tank Medium buatan Singapura.

Tank medium ini dibuat oleh perusahaan SAIC Amerika Serikat bekerjasama dengan pabrikan ST Kinetics dengan memanfaatkan platform kendaraan tempur NG AFV (Next Generation Armored Fighting Vehicle) buatan ST Kinetics. Kolaborasi keduanya adalah yang kedua setelah sebelumnya menggolkan Terrex 2 untuk program Korps Marinir AS.

Tank medium berbasis NG AFV tersebut disiapkan untuk mengikuti program tank ringan AD AS yang disebut dengan MPF (Mobile Protected Firepower). Keikutsertaan SAIC-ST Kinetics dalam program MPF bisa diendus dari pameran AUSA Global Force 2017.


Di sana, SAIC memamerkan maket medium tank berbasis NG-AFV. Dibandingkan maketnya, ada sejumlah perbedaan antara versi aslinya, terutama pada konfigurasi pelat applique yang melapisi tubuhnya.


AD AS memang tertarik pada platform MPF untuk mengisi kebutuhan pasukan reaksi cepat pada level Brigade, sehingga MPF diandalkan sebagai penyedia kekuatan penggempur organik. Untuk kekuatan penggempur dari tank NG AFV, sama seperti maketnya, ST Kinetics sendiri menggunakan solusi jadi dari pabrikan CMI Belgia yaitu kubah Cockerill dari seri 3000.

Kalau pembaca merasa pernah melihat kubah ini, tidak usah heran karena kubah C3105 juga digunakan pada tank medium Harimau Hitam PT. Pindad. Hanya bedanya, MPF versi SAIC-ST Kinetics ini sudah menggunakan meriam 120mm smoothbore sesuai dengan tuntutan dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Seperti apa kinerjanya kelak dan bagaimana kansnya dalam kompetisi? Kita tunggu saja. (Aryo Nugroho/UC News)

Baca Juga:  Feeltact Gelang Sistem Komunikasi Tanpa Suara

1 Komentar

Tinggalkan Balasan