Penjualan Helikopter Turki ke Pakistan Terancam Dijegal Amerika

Turki benar-benar sedang dihukum oleh Amerika Serikat (AS). Setelah Donald Trump menaikkan biaya dagang yang menyebabkan ekonomi Turki mengekeret. Kasus F-35 yang terancam akan batal dikirimkan, kali ini AS mengancam siap menggagalkan penjualan helikopter serang ATAK ke Pakistan.

Jika itu terjadi, maka banyak pengamat menyakini ini adalah awal dari kehancuran bisnis alat utama sistem pertahanannya Turki.

Seperti diketahui, Turki baru saja meneken kontrak penjualan ke Pakisran senilai 1,5 Milyar Dolar AS untuk penjualan helikopter T129 ATAK, rekor terbesar untuk sejarah industri pertahanan Turki.


Permasalahannya, T129 ATAK ini menggunakan mesin LHTEC T800-4A buatan perusahaan Honeywell Amerika Serikat dan Rolls Royce. Turki takkan pernah bisa menjual T129 ATAK ke Pakistan kalau ijin kontrol ekspor teknologinya tak ditandatangani oleh AS.


Saat ini tak hanya Turki yang hubungannya buruk dengan AS, Pakistan pun sekarang berulah sehingga AS tak segan menghentikan kucuran dolar bantuan militer ke AS. Ya sudah, dengan kemungkinan besar AS tak mau keluarkan ijin, siap-siap saja T129 batal.

Baca Juga:  Korut Sesumbar Bakal Tenggelamkan Kapal Selam Nuklir USS Michigan (SSBN-727) Milik AS

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan