Pensiun Kapal Induk USS PELELIU Akan Digunakan Menampung Gelandangan

081104-N-8878B-280 SAN DIEGO (Nov. 4, 2008) The amphibious assault ship USS Peleliu (LHA 5) returns to its homeport at Naval Base San Diego after completing a six-month deployment to the U.S. 5th and 7th Fleet areas of operation. USS Peleliu (LHA 5), the

Kapal Induk Amerika Serikat, USS PELELIU akan segera pensiun. Biar gak mubazir, mantan walikota San Fransisco, Art Agnos, mengusulkan agar kapal induk tersebut dijadikan rumah bagi para gelandangan yang tinggal di kota San Fransisco.

Agnos mengklaim, bawa kotanya sekarang sedang mengalami krisis kesehatan karena jumlah gelandangan yang terus membengkak. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 7000jiwa. Semua karena makin mahalnya harga rumah dan minimnya lapangan kerja.

“USS Peleliu akan jadi solusi yang bagus bagi para gelandangan. Mereka lebih baik tinggal di kapal daripada hidup di jalanan yang menyebabkan sanitasi jadi jelek dan kualitas lingkungan menurun terutama di tepi-tepi jalan San Fansisco,” kata Agnos seperti dikutip dari sputniknews.com


Perdebatan soal gelandangan yang susah diatur memang jadi masalah di San Fransisco. Di satu ini soal kemanusiaan dan kebebasan berekspresi dengan membiarkan mereka hidup seenaknya di jalanan. Tapi di sisi lain ini soal kebersihan lingkungan yang menjadi kumuh, terutama terkait masalah sanitasi. Sedangkan aktifis HAM menolak ide ini, karena sama saja memenjarakan para gelandangan.

USS Peleliu sendiri pernah digunakan sebagai tempat penampungan pada tahun 1989 saat terjadi gempa bumi di Loma Prieta.


 

 

Baca Juga:  Vietnam Berencana Beli Pesawat Su-57 Dari Rusia, Berambisi Jadi Yang Terkuat di ASEAN

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan