Penyerahan 3 Kapal Patroli Baru TNI AL

TNI Angkatan Laut menerima tiga unit kapal patroli baru, yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Siba II-1-65, KAL Pulau Mego II-2-15 dan KAL Belongas I-7-18 buatan PT Tesco Indomaritim.

Serah terima KAL kelas 28 meter itu dilakukan secara simbolis di Jet Ski Cafe, Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Rabu, yang dipimpin oleh Asisten Logistik Kasal (Aslog) Laksamana Muda TNI Mulyadi. Berita acara serah terima ditandatangani oleh Direktur PT Tesco Indomaritim dan Kadismatal.

Kemudian, Kadismatal menyerahkannya kepada Aslog Kasal yang dirangkaikan dengan peresmian dan pelantikan jabatan tiga komandan KAL.


KAL 28 ini dibuat dengan kontruksi berbahan aluminium, panjang 28 meter, senjata 20 mm dan 12,7 mm, kecepatan maksimal 28 knot, kapasitas air bersih 4000 liter, daya tahan hingga 4 hari serta mampu menampung 15 personel. Ketiga KAL ini akan memperkuat pengamanan wilayah Perairan Lantamal I, Lanal Bengkulu serta Lanal Mataram.


Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, mengatakan tiga kapal itu akan menambah kekuatan TNI AL dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di satuan keamanan laut dan pangkalan angkatan laut.

“Dengan bergabungnya tiga unit KAL 28 M ke jajaran TNI AL, akan dapat diproyeksikan untuk memenuhi tuntutan tugas sebagai sarana patroli untuk operasi keamanan laut terbatas dalam rangka penegakan hukum dan pengamanan wilayah,” ujarnya.

Aslog juga berpesan kepada para Komandan KAL yang dilantik agar mempelajari secara maksimal kemampuan dan performance kapal guna mengatasi medan tugas yang akan dihadapi.

“Terus belajar dan berlatih guna menghindari kegagalan dan kecelakaan kerja sehingga tercapai zero accident,” kata Aslog Kasal.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan