Perancia Upgrade Rudal MICA Untuk Pesawat Tempur Rafale dan Mirage

Perancis meluncurkan program MICA NG (Next Generation). Program ini akan memperbarui MICA (Missile d’interception, de combat et d’autodéfense) yang digunakan pada pesawat tempur Mirage 2000 dan Rafale milik Armée de l’Air (Angkatan Udara Perancis) dan Marine Nationale (Angkatan Laut Perancis).

MICA NG akan menggantikan MICA yang ada. Rudal MICA akan ditarik secara bertahap dari kedinasan antara 2018 hingga 2030. MICA NG akan tersedia dalam dua versi, yaitu inframerah (IR) dan elektromagnetik (EM), dan pengiriman akan berlangsung antara 2026 dan 2031.

MICA NG adalah program senjata pertama yang diluncurkan di bawah LPM (Loi de programmation militaire) 2019 -2025 Perancis. MICA NG akan mempersenjatai pesawat tempur Rafale yang akan diupgrade, dimana Dassault direncanakan akan menandatangani kontrak modernisasi jet tempur Rafale ke standar F4 pada akhir tahun ini. Pemerintah Perancis sebelumnya telah memerintahkan studi awal untuk Rafale F4.


Setiap upgrade rudal itu akan melibatkan modifikasi internal, namun menjaga eksteriornya tidak berubah, kata narasumber industri. Ini dimaksudkan untuk memudahkan integrasi rudal tersebut pada pesawat Rafale dan menghindari perubahan yang mahal pada aspek aerodinamika pesawat tempur. Rafale dapat membawa hingga enam rudal MICA.


Seorang pilot Rafale dapat menembakkan rudal MICA ketika mencegat sebuah pesawat pada jarak diluar jangkauan visual dan juga dapat menembakkan senjatanya ketika mengunci sasaran dalam pertempuran dogfight. Rafale juga akan membawa rudal Meteor untuk menembak pesawat di luar jangkauan visual.

Baca Juga:  Aksi Balasan, Suriah Tembak Jatuh UAV Amerika Serikat

Sumber : airrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan