Perancis Ganti Senjata Organik FAMAS dengan HK416F

Pernyataan resmi dari DGA (Direction générale de l’armement  – Badan Pengadaan Angkatan Bersenjata) pada hari Jumat, 23 September 2016, bahwa Perancis telah mengkonfirmasi kontrak untuk penggantian senapan serbu standar angkatan bersenjata Perancis FAMAS kaliber 5,56 mm,  dengan senapan serbu kaliber 5,56 x 45 mm HK416F buatan perusahaan Jerman Heckler & Koch. 

Berakhir sudah masa bakti FAMAS yang dipakai dalam angkatan bersenjata Perancis sejak tahun 1978.

HK416 adalah senjata organik bagi mayoritas anggota NATO. Sempat dilirik Angkatan Darat Amerika Serikat untuk menggantikan senapan M4. Namun akhirnya kandas.

Versi terbaru adalah HK416 A5 yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari senapan serbu HK416. 

Perubahan yang paling mencolok dibandingkan dengan versi sebelumnya mencakup regulator gas yang diperbaiki dan dapat digunakan tanpa tool tambahan untuk penggunaan dengan peredam suara, lower receiver yang didesain ulang agar lebih user friendly, yang memungkinkan digunakan secara ambidextrous dan untuk menjamin dioptimalkan kompatibilitas magazine, serta berbagai perbaikan teknis untuk memaksimalkan keselamatan bagi operator, keandalan, kompatibilitas amunisi dan daya tahan di bawah kondisi operasi yang nyata.


Modul peluncur granat tembakan tunggal 40 x 46mm tambahan dapat dengan cepat dipasang pada sistem rel dari semua model senjata tanpa perlu menggunakan tool.


Di Indonesia, Denjaka TNI AL dan Densus88 memakai HK416 sebagai senjata organik. Sedangkan di Malaysia, PASKAL (Kopaskanya Malaysia) dan GGK (Kopasusnya Malaysia) juga memakai senapan serbu ini.

Baca Juga:  USS Coronado Berjaga di Asia Pasifik

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan