Perancis Pensiunkan Pesawat Tempur Nuklir Mirage 2000

Pesawat Mirage 2000N AU Perancis akan ditarik dari kedinasan demi transisi menjadi kekuatan deteren nuklir “all Rafale” pada musim panas 2018.

Setelah pensiun, pesawat Mirage 2000N akan bergabung dengan pangkalan udara Châteaudun (Eure-et-Loir) untuk disimpan di sana. “Angkatan Udara akan menggunakan bagian pesawat ini untuk armada Mirage 2000 lainnya seperti Mirage 2000C atau Mirage 2000D,” kata komandan skuadron 2/4 ‘La Fayette’, Letnan Kolonel Geoffroy sebagaimana dikutip oleh Usinenouvelle, Rabu (20/06).

Transisi menjadi armada “all Rafale” dimulai pada tahun 2015. Sementara pesawat Mirage 2000N akan tetap beroperasi sampai penarikan dari kedinasan dalam beberapa bulan kedepan, kata Geoffroy.


Sejak tahun 1988, Mirage 2000N secara bertahap menggantikan Mirage IIIE dan Mirage IV yang dirancang oleh Dassault Aviation dan Jaguar SEPECAT (usaha patungan antara Dassault Aviation dan British Aerospace).

Mirage 2000N adalah varian dari Mirage 2000D yang didesain untuk melakukan serangan nuklir. Kode N itu sendiri berarti “Nucléaire”. Mirage 2000N merupakan salah satu kekuatan deteren nuklir Perancis. Dalam menjalankan misi utamanya sebagai penyerang bersenjata nuklir, Mirage 2000N dipersenjatai dengan rudal jelajah nuklir Aerospatiale Air-Sol Moyenne Portee (ASMP). Rudal jelajah ASMP merupakan rudal jelajah dengan mesin ramjet yang mampu terbang dengan kecepatan Mach 3, menempuh jarak 100km, dengan membawa hulu ledak nuklir berdaya 300 kilo ton. Hingga menjelang dipensiunkan, Mirage 2000N belum pernah menjalankan misi utamanya sebagai penyerang nuklir, namun pesawat tersebut sangat sering dilibatkan sebagai penyerang konvensional dalam beberapa operasi militer yang melibatkan AU Perancis, termasuk di Irak, Libia, Afghanistan, Mali dan Suriah. Pesawat Mirage 2000N hanya dioperasikan oleh AU Perancis.

Baca Juga:  Pamer Rudal, Korea Utara Ancam Hancurkan Amerika Serikat

Sumber : defenseworld.net, en.wikipedia.org, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan