Perayaan HUT TNI Ke-73 Akan Digelar di Merauke, Papua

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menyambut hari jadinya yang ke-73 pada 5 Oktober mendatang. Serangkaian kegiatan sejak jauh hari sudah digelar di berbagai daerah, seperti kegiatan bakti sosial, pameran alat sistem utama pertahanan (Alutsista), ziarah pahlawan, Panglima TNI Awards untuk karya jurnalistik dan lain sebagainya.

Di luar itu, peringatan HUT TNI kali ini memang berbeda dengan peringatan HUT TNI di tahun sebelumnya. Bukan hanya puncak acaranya yang digelar di Merauke, Papua, tapi peringatan HUT TNI juga diawali dengan Pawai Bendera yang akan melewati sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Layaknya Pawai Obor Asian Games yang singgah di beberapa daerah di Indonesia.

Pawai Bendera atau Flag Relay ini akan dimulai hari ini, Jumat 28 September 2018, dengan titik start titik Nol Kilometer Pulau Sabang dan akan finish di Merauke pada tanggal 4 Oktober 2018.

Sejumlah kota besar di Indonesia yang akan disinggahi seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Solo, Surabaya, Balikpapan, Manado, Kupang, Ambon, Sorong dan berakhir di Merauke. Di beberapa wilayah, rombongan pembawa Pawai Bendera ini akan mendapatkan pengawalan dari pesawat tempur TNI AU.

Adapun pembawa bendera merah putih dari Pulau Sabang hingga Merauke adalah prajurit TNI dari tiga matra Darat, Laut dan Udara, termasuk prajurit TNI yang berhasil menorehkan prestasi pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Akhir 2019, Ruang Udara Batam dan Natuna Kembali Milik Indonesia

Pawai bendera ini akan dilaksanakan secara estafet, dengan melibatkan personil dari TNI-Polri dan elemen masyarakat. Dari keterangan tertulis Pusat Penerangan TNI, setiap kota yang disinggahi, Pawai Bendera akan diarak keliling kota dan diterima oleh kepala daerah setempat.

“Flag relay Sang Merah Putih keliling Indonesia bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan untuk menunjukan bahwa antara TNI dan rakyat tidak ada pemisah,” tulis Puspen TNI dalam keterangan resminya.


Sementara itu, bendera Merah Putih yang telah diarak keliling Indonesia itu nantinya akan dikibarkan pada saat puncak peringatan HUT TNI ke-73, yang akan dipusatkan di Merauke, Papua. Presiden RI Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan para kepala staf angkatan.


Sumber: viva.co.id

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan