Perdana Menteri Malaysia Kunjungi Turki, Siap Gabung Proyek Pesawat TFX?

Perdana Menteri Malaysia DR Mahatir Mohammad melakukan kunjungan kerja ke Turki, di Negeri Ottoman tersebut DR M (sebutan Mahatir Mohammad) melakukan kunjungan ke pabrik Turkish Aerospace Industries (TAI) yang berlokasi di Ankara.

Dalam kunjungan tersebut Mahathir bertemu dengan perwakilan dari perusahaan-perusahaan pertahanan Turki dan sebuah presentasi dibuat mengenai peluang kerja sama yang mungkin dilakukan dengan Malaysia.

Di fasilitas TAI juga Dr M mendapat disuguhi pertunjukan udara heli serang T 129 Atak, drone Hurkus B dan drone bersenjata (UCAV) Anka. Sebelumnya militer Malaysia mengatakan bahwa pihaknya akan mencari heli serang dan drone untuk memperkuat pertahanan negara yang mana salah satu calonnya adalah Anka dan T 129 Atak.


Selain itu di dalam negeri Malaysia sendiri gencar mewacanakan Angkatan Udara mempunyai jet tempur generasi kelima dan kebetulan juga saat ini Turki sedang mengembangkan jet temour siluman yang diberi nama Turkish Experimental Fighter (TFX) bahkan pada gelaran Paris Airshow 2019 lalu Menhan Malaysia Mat Sabu telah mengunjungi Stan TAI dan berbicara banyak tentang kemampuan jet ini.


Apakah kunjungan PM Mahatir Muhammad ini untuk menindaklanjuti program TFX dan berujung Malaysia bergabung dalam proyek ini?

Baca Juga:  Selandia Baru Disarankan Pinjam Kapal Kelas LPD Milik Indonesia

1 Komentar

Tinggalkan Balasan