Peresmian Lemasmil V Banjarbaru, Puslemasmil – Babinkum TNI

Kababinkum TNI, Mayjen TNI Markoni, SH,MH meresmikan Lemasmil V Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada hari Kamis (tanggal 26/10/2017) yang dihadiri oleh tamu undangan Pangdam VI MLW yang diwakili oleh Danpomdam VI MLW dan Kakumdam VI MLW, Dandenpom Banjarmasin, Kaotmil III-15 Balikpapan, Kaotmil III-16 Banjarmasin, Kadilmil I-16 Banjarmasin dan pejabat militer lainnya. Lalu dari pemerintahan daerah dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kasatpol PP Prop. Kalsel, Walikota Banjarmasin, Walikota Banjarbaru, Kalapas Prop. Kalsel dan Kota Banjarbaru.

Lemasmil V Banjarbaru merupakan satu2nya tempat pembinaan bagi prajurit TNI yang menjalani masa pidananya yang berada di wilayah hukum Kalimantan.
Selama ini Prajurit Binaan (prabin) melaksanakan pidana nya di Lemasmil III Sidoarjo, kondisi tsb menyulitkan pembinaan dan pengawasan dari kesatuannya dan sulit di besuk oleh keluarga dan rekan2 prajurit lainnya karena militer memiliki esprit de corp yang kuat sehingga sangat perlu dikunjungi.

Kababinkum TNI yang juga didampingi oleh Kapuslemasmil TNI (Brigjen TNI Djuhendi Sukmajati) dan Orjen TNI (Brigjen TNI Sumartono, SH, MH) mengatakan, Lemasmil V Banjarbaru masih jauh dari ideal untuk melaksanakan pembinaan di bidang ketrampilan, kemampuan keprajuritan dan IT sehingga sangat memerlukan dukungan bantuan dari wilayah sekitar dalam pelaksanaan tugasnya seperti pembinaan ketrampilan yang dapat dititipkan ke BLK Prop Kalsel yang berada hanya 2 km dari Lemasmil V Banjarbaru, lalu dukungan pembinaan dari Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan Prop. Kalsel agar harapannya adalah setelah selesai menjalani masa pidananya para prajurit binaan menjadi prajurit yang lebih baik dan memiliki kemampuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi kesatuannya dan lingkungan masyarakat.

Baca Juga:  Korea Selatan Klaim Rudal Taurus Siap Hadapi Korea Utara

Kababinkum TNI menekankan kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Militer (Lemasmil) V Banjarbaru, Letkol Chk Arief Fahmi Lubis, SH, MH agar membina para Prabin dengan hati nurani dan gunakan istilah : “penjarakan hatinya” agar tetap semangat menjalani masa pidananya karena setelah masa pidana akan kembali ke kesatuannya untuk bertugas lebih baik lagi.


Kababinkum TNI mengambarkan bahwa tidak sedikit tokoh2 besar lahir dari orang2 yang juga menjalani hukuman penjara karena didalam penjara menemukan jati dirinya yang lebih baik.

Pesan Kababinkum TNI kepada Kalemasmil V Banjarbaru, agar membina para prabin dengan baik agar mereka menjadi prajurit yang lebih baik. Jangan sekali kali memanfaatkan para prabin untuk kepentingan pribadi karena hal itu akan melemahkan pembinaan mereka.
Bekerjalah dengan tulus dan ikhlas agar tercipta kreasi dan inovasi yang segar.

Kababinkum TNI mengucapkan terima kasih kepada Pangdam VI MLW yang telah meminjamkan lahan nya dari Staltahmil Pomdam VI MLW menjadi Lemasmil V Banjarbaru, juga ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalsel yang telah mendukung sarana jalan masuk ke Lemasmil V Banjarbaru.

Puspen TNI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan