Peringati Hari Juang Kartika, TNI Kirim Pasukan Elit ke Sulawesi Selatan

Markas Besar (Mabes) TNI kirim empat pasukan elit ke wilayah Sulsel, saat hari juang Kartika, Jumat (15/12/2017).

Mereka dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kapassus), Datasemen Jalamangkara (Denjaka), Korps Marinir AL dan AU serta Paskhas.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengaku, kehadiran pasukan elit ini untuk penanggulangan ancaman dari teroris oleh Mabes TNI.

“Jadi ada tiga tempat simulasi nanti, di bandara Sultan Hasanuddin, pulau Camba-camba dan dikawasan Tonasa Pangkep,” kata Agus di Makodam XIV, Kamis (14/12).

Menurutnya, tugas pokok prajurit TNI adalah untuk mengatasi ancaman teror, dari kelompok radikal yang berusaha kuasai titik-titik strategis di Indonesia.


Agus menjelaskan, untuk wilayah di Bandara. TNI mengerahkan pasukan khususnya dari AU untuk kembalikan situasi bandara aman bagi rakyat.

“Nanti simulasinya seperti serangan teroris yang terjadi di luar negeri, disitu pasukan udara merebut kembali lokasi bandara dari para teroris,” jelas Agus.

Seperti hanlnya juga, nanti di Tonasa dimana teroris akan menguasai lokasi Tonasa lalu datanglah pasukan amfibi Marinir untuk rebut kembali lokasi itu.

Sedangkan di pulau Camba-camba di Kepulauan Pangkep. Pasukan Denjaka akan mengepung pulau tersebut karena pulau itu dijadikan markas para teroris.


“Nah di pulau Camba-camba, TNI akan mengerahkan pasukan denjaka dari laut, pasukan udara dan marinir dari darat untuk mengepung teroris” ujar Agus.

Baca Juga:  Dankormar Ubah Nama Satuan Korps Marinir

Agus, jenderal bintang dua tersebut menambahkan, akan ada penerjunan pukul 03.00 Wita, subuh. Pukul 05.00, pasukan bergerak dan mengepung.

Lanjut pada pukul 08.00 Wita, pasukan Gultor Rider 700 akan lakukan simulasi perang kota di Lapangan Karebosi, usai upacara hari juang Kartika.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan