Perkuat Patroli Udara, Australia Beli Lagi Dua Pesawat P-8A Poseidon

Menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Departemen Pertahanan Australia pada 30 Desember 2020, Kementerian Pertahanan Australia telah menyetujui akuisisi dua lagi pesawat pengintai maritim P-8A Poseidon, sehingga total ukuran armada menjadi 14 unit.

Pemerintah Australia sendiri telah berkomitmen untuk mengakuisisi hingga 15 pesawat P-8A Poseidon dan saat ini mereka sudah punya 12 Pesawat Patroli Maritim P-8A yang sudah beroperasi sejak 13 Desember 2019 lalu oleh Royal Australian Air Force.

P-8A Poseidon (P-8A) adalah pesawat patroli dan pengintai maritim multimisi U.S Navy, dimana pesawat ini bisa melakukan perang anti kapal selam, perang anti permukaan, intelijen, pengawasan, pengintaian, dan respons kemanusiaan sekaligus. Selain dilengkapi dengan sistem senjata berkualitas tinggi, pesawat juga memiliki arsitektur terbuka untuk memungkinkan ekspansi sesuai misi. Kapasitas bahan bakar internal hampir 34 ton memungkinkan P-8A untuk melakukan misi perang anti kapal selam tingkat rendah pada jarak lebih dari 2.000 kilometer dari pangkalan.

P-8A akan kompatibel untuk pengisian bahan bakar udarake udara dengan KC-30A MRTT. Ia dapat terbang dengan kecepatan maksimum 907 km / jam dengan jangkauan maksimum 7.500 km.

Baca Juga:  Penampakan Pertama Drone Shahed-161 Milik Iran

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan