Persiapan HUT TNI ke-70 Memasuki Tahap Akhir

12033100_888189524594067_4810783289355857140_n

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal TNI Endang Sodik, mengatakan persiapan Hari Ulang Tahun TNI ke-70 saat ini sedang berjalan. “Sudah masuk persiapan akhir menuju Cilegon, Banten,”
kata Sodik saat dihubungi Tempo, Kamis, 24 September 2015. Rencananya, HUT TNI yang jatuh pada 7 Oktober nanti akan digelar di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Sebelumnya di Istana, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan HUT TNI tahun ini akan diisi dengan demonstrasi pertempuran udara dan laut. Aksi ini akan melibatkan pasukan TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mengatakan, pelaksanaan HUT TNI ini di bawah kendali Markas Besar TNI. Personel yang dikerahkan sekitar 5.500 personel.
“Khusus acara di Cilegon nanti, kami juga terlibat saat upacara,” kata Mulyono, Rabu 23 September 2015.

Angkatan Darat, menurut Mulyono, tidak ikut dalam demonstrasi pertempuran. Namun, terlibat dalam demo bela diri. Angkatan Darat juga tak menggunakan alutsista untuk demo tembak menembak. Melainkan hanya
mengerahkan pesawat helikopter dan mengikuti fly pass.

“Mudah-mudahan apa yang kami persembahkan membuat rakyat jadi tahu seperti apa TNI itu,” ujar Mulyono.

Perayaan ini, kata dia, adalah wujud pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat. “Karena nanti dilakukan secara terbuka dan masyarakat boleh nonton. Dipersiapkan tempat-tempat agar masyarakat tahu, begitulah TNI.”

Baca Juga:  Indonesia Pilih Kendaraan Amfibi BT-3F dari Rusia untuk Korps Marinir

Selain berpusat di Cilegon, HUT TNI juga dirayakan masing- masing Komando Daerah Militer (Kodam) di seluruh Indonesia. “Tiap-tiap Kodam ada panitia tersendiri, nanti Kodam juga akan mengadakan kegiatan seperti di Cilegon,” ujar Mulyono.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan